24 April 2010

Perbaikan Jembatan Gantung Pulau Panggung Tinggal 30 Persen

MUARA KELINGI-Tidak lama lagi masyarakat Desa Pulau Panggung Kecamatan Muara Kelingi dapat luluasa keluar masuk desanya tidak harus repot menggunakan perahu. Sebab untuk menyeberang Sungai Musi, warga Pulau Panggung segera bisa kembali memanfaatkan jembatan gantung.

Hal ini sejalan dengan hampir rampungnya pengerjaan perbaikan Jembatan Gantung Pulau Panggung yang rusak parah dihantam banjir bandang akhir Februari lalu. Camat Muara Kelingi, Ali Sadikin mengutarakan hingga kemarin (Jumat, 23/4) perbaikan jembatan sudah mencapai 70 persen.

”Jadi tinggal 30 persen lagi pengerjaannya selesai dan Jembatan Gantung Pulau Panggung bisa dimanfaatkan,” ungkap Ali Sadikin.

Gambarannya, dari panjang jembatan sekitar 150 meter, bagian yang belum selesai diperbaiki tinggal 30 meter lagi. Khususnya untuk pemasangan lantai dan pagar jembatan dari bahan kayu.

”Untuk diketahui pengerjaaan dilakukan swakelola, makanya masyarakat benar-benar serius menggerjakannya mengedeankan kualitas sehingga tidak mudah rusak dan tidak membahayakan masyarakat yang memanfaatkan nantinya,” tegas Ali.

Misalnya untuk bahan baku dalam hal ini kayu, dipilih yang benar-benar berkualitas.

”Sebenarnya kalau mau cepat mudah saja, tinggal beli kayu biasa atau smebarangan. Tapi ini tidak dilakukan, kayu yang digunakan benar-benar berkualitas, pokoknya kayu jenis bagus yang umurnya tua dan kering. Sehingga tidak mudah rusak dan aman ketika digunakan masyarakat,” kata Ali Sadikin.

Makanya perlu waktu untuk menyelesaikan perbaikan jembatan gantung tersebut.
”Prinsipnya biar lama tapi berkualitas atau dengan kata lain benar-benar kokoh,” pungkasnya.

Sebelumnya diinformasikan, tiga jembatan gantung yang rusak parah di dua kecamatan yakni Jembatan Gantung Pulau Panggung dan Tanjung di Kecamatan Muara Kelingi serta Jembatan Gantung Pelawa Kecamatan BTS Ulu diinstruksikan untuk segera diperbaiki. Untuk perbaikan tersebut Bupati Mura, H Ridwan Mukti menyiapkan dana Rp 110 juta. Rinciannya jembatan gantung di Desa Pulau Panggung yang rusak paling parah dianggarkan dana Rp 50 juta. Untuk Jembatan Gantung Tanjung Rp 35 juta, sedangkan untuk Jembatan Gantung Desa Pelawe dianggarkan dana Rp 25 juta. (ME-02)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More