19 April 2010

125 Koperasi Disinyalir ‘Mati Suri’

MUSI RAWAS-Data Dinas Koperasi (Diskop) dan UKM Mura didapatkan, sedikitnya 125 unit koperasi dari 644 koperasi di Kabupaten Musi Rawas non aktif. Kepala Diskop dan UKM, M Yamin memastikan pihaknya 2010 kembali akan menginventarisasi dan memberikan pembinaan agar 125 koperasi tersebut kembali aktif.

“Setelah diberi pembinaan dan kopersi tersebut tetap non aktif maka pihaknya akan membekukan koperasi tersebut. Langkah yang akan diambil yakni dengan cara mencari akar pemasalahan menawarkan solusi,” papar Yamin. Menumbuh kembangkan Koperasi di Kabupaten Mura ini, kata Yamin terus dilakukan pihaknya. Jika 2009 lalu pihaknya berhasil membentuk 183 koperasi dari yang ditargetkan 240 koperasi, pada tahun 2010 ini, kembali akan dibentuk 120 koperasi yang dibiayai oleh APBD Mura.

“Saat ini kami sedang melakukan sosialisasi dan menginventarisasi unit keuangan yang ada di desa untuk ditingkat menjadi koperasi,” jelasnya sembari mengatakan sedikitnya ada 20 koperasi, saat ini yang telah mengajukan untuk didibuatkan badan hukumnya. Selain menumbuhkan koperasi, pihaknya juga pada tahun ini akan membantu perkembangan koperasi dengan menyalurkan dana pinjaman bergulir untuk 270 koperasi aktif terdiri 20 keperasi akan mendapatkan Rp 50 juta, 100 koperasi Rp 20 juta dan 100 koperasi lainnya Rp 10 juta.

”Sedikitnya ada 100 proposal yang diajukan oleh koperasi dan UKM untuk mendapatkan pinjaman bergulir ini,” jelasnya.

Saat ini pihaknya sedang memproses proposal tersebut, jika memenuhi syarat maka pinjaman tersebut dapat dicairkan, namun jika tidak pihaknya mengarahkan agar dilengkapi atau tidak mendapatkan pinjaman tersebut.

”Penerima pinjaman bergulir ini akan ditetapkan berdasarkan SK Bupati Musi rawas,” pungkasnya. (ME-06)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More