07 April 2010

Desa Pedang mewakili Kecamatan Muara Beliti

*Lomba Desa Tingkat Kabupaten
MUARA BELITI-
Setelah berhasil menjadi juara pertama pada Lomba Desa Tingkat Kecamatan, Desa Pedang mewakili Kecamatan Muara Beliti pada lomba desa tingkat Kabupaten Musi Rawas. Keikutsertaan Desa Pedang ini ditandai dengan penilaian tim Kabupaten Musi Rawas, Selasa (6/4).

Pada kesempatan itu, Camat Muara Beliti, Indra Bazid, mengatakan sebelum tim kabupaten melaksanakan penilaian pihaknya telah menggelar lomba desa tingkat kecamatan Muara Beliti dan Desa Pedang ditetapkan sebagai pemenang.
“Penetapan Desa Pedang sebagai desa terbaik berdasarkan penilaian tim kecamatan pada tanggal 19 – 27 Februari 2010 artinya Desa Pedang berhak mewakili Kecamatan Muara Beliti pada lomba desa tingkat kabupaten,” kata Indra.

Pemenang lomba desa tingkat Kecamatan Muara Beliti tahun 2010 juga ditetapkan dengan Keputusan Camat Muara Beliti Nomor 411/03/KPTS/MB/2010, tanggal 27 Februari 2010, tentang penetapan pemenang lomba desa/kelurahan tingkat Kecamatan Muara Beliti. Selain itu, tambah Indra Bazid, tim penilai lomba desa tingkat kecamatan Muara Beliti yang ditunjuk berdasarkan Keputusan Camat Muara beliti Nomor 410.05/02/KPTS/MB/2010, tanggal 10 Februari 2010.

“Kriteria yang dinilai terhadap desa/kelurahan diantaranya, Pendidikan masyarakat, kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, ketentraman dan ketertiban masyarakat, partisipasi masyarakat, kesadaran berbangsa, keberadaan lembaga kemasyarakatan serta pemerintahan desa/kelurahan,” jelasnya. Indra Bazid menambahakan, pelaksanaan penilaian desa/kelurahan yang dilaksanakan telah memenuhi ketentuan sebagaimana diatur dalam Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 6 tahun 2002 tentang perlombaan desa dan perlombaan kelurahan.

“Mudah-mudahan, setelah dilakukan penilaian oleh tim penilai Kabupaten, Desa Pedang akan mendapatkan nilai terbaik dari desa-desa lainnya di Kabupaten Musirawas ini,” imbuhnya.

Sementara, Sekretaris tim Penilai Lomba Desa Tingkat Kabupaten Mura 2010, Ali Karnizun, mengatakan tim penilai yang akan melakukan penilaian terhadap Desa Pedang Kecamatan Muara Beliti terdiri dari beberapa instansi. Diantaranya, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD), Dinas Perindustrian Perdagangan dan pasar, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Koperasi dan UKM, TP PKK dan dari Kantor Pemberdayaan Perempuan.

“Penilaian yang dilakukan terbagi dalam beberapa kriteria diantaranya, bidang pendidikan, kesehatan, partisipasi masyarakat, pemerintahan desa, gotong royong masyarakat, kesejahteraan masyarakat serta keamanan dan ketertiban desa,” terangnya. Selain itu, lanjutnya, penilaian dilakukan bukanlah suatu bentuk tujuan untuk mencapai kemenangan, namun ini merupakan stimulan dari hasil yang telah dicapai sebelumnya.

“Yang paling penting adalah bagaimana memotivasi dan memberdayakan masyarakat dalam mengisi pembangunan yang telah dicanangkan pemerintah,” ujarnya. Penilaian lomba desa tingkat kabupaten Musirawas 2010 ini, tambah Ali, dilakukan sejak 29 Maret 2010 hingga 10 April 2010 mendatang.

“Setelah selesai dilakukan penilaian terhadap desa di 21 kecamatan, penerima predikat terbaik akan mewakili Kabupaten Musirawas pada Lomba Desa tingkat provinsi Sumatera Selatan pada tanggal 7 Mei 2010 mendatang,” terangnya. (ME-06)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More