28 April 2010

F2R Pertanyakan Perawatan Jalan

MUSI RAWAS-Pembangunan infrastruktur dasar khususnya jalan di Kabupaten Musi Rawas (Mura) sangat pesat. Terbukti desa-desa yang sebelumnya terisolir kini mulai terbuka dengan dibangunnya jalan. Agar upaya ini bisa terus maksimal upaya pemeliharaan jalan yang sudah sangat dibangun sangat penting. Sebab sejauh ini kondisi yang terjadi banyak jalan-jalan yang baru dibangun kembali rusak kurang perawatan dan pengawasan.

Atas kondisi tersebut DPC Forum Rakyat Reformasi (F2R) Kabupaten Mura mempertanyakan pengelolaan anggaran pemeliharaan jalan yang ada di Dinas PU Bina Marga.

“F2R Musi Rawas mempertanyakan Dinas PU Bina Marga terkait anggaran pemeliharaan jalan. Sebab selama ini hampir merata terhadap seluruh jalan yang dibangun tidak ada perawatan dan pemeliharaan. Nah ini menimbulkan pertanyaan apakah ada anggaran untuk pemeliharaan atau tidak,” tegas Ketua F2R Musi Rawas, Ali Permana kepada Musirawas Ekspres Selasa (27/4).

Dilanjutkan Ali Permana ada tidaknya anggaran pemeliharaan harus dipublikasikan agar ada semacam pengawasan sehingga semuanya memang dimanfaatkan, tidak menimbulkan dugaan negatif misalnya ‘dimakan siluman’. Bahkan jika memang ternyata ada ketidak beresan dalam kinerja Dinas PU Bina Marga menurut Ali Permana harus ada pergantian pimpinan dinas teknis tersebut.

Selain itu Ali Permana juga menambahkan kepedulian masyarakat dan juga pemerintahan kecamatan hingga desa terhadap infrastruktur dasar terus meningkat. Dicontohkannya, upaya masyarakat Kelurahan Muara Kelingi yang menyandera mobil milik PT Pertamina yang didukung Camat karena merusak jalan.

“Langkah tersebut sangat tepat sebagai bentuk dukungan terhadap program Bupati membangun infrastruktur jalan membuka keterisoliran dan juga membangun kelistrikan,” katanya. Agar masyarakat dan camat di daerah lain ikut menjalankan langkah tersebut Dinas PU Bina Marga menurutnya koordinasi dan menyarankan agar camat ikut serta mengawasi jalan yang dibangun jangan sampai dirusak oleh mobil-mobil pengangkut sawit dan kendarana berat milik perusahaan. (ME-02)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More