27 April 2010

DPHP Pemilukada Terjadi Kesalahan

* Nopri: Sudah Diperbaiki
MUSI RAWAS
-Ada kemungkinan pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) 5 Juni mendatang membuka celah bagi pasangan calon untuk melakukan gugatan dari permasalahan Daftar Pemilih Hasil Perbaikan (DPHP) yang mengalami kesalahan.

Beruntung KPU jeli menyikapi kesalahan itu dengan segera memperbaiki kesalahan DPHP yang sudah diserahkan kepada masing-masing kandidat calon Bupati-Wakil Bupati.

Tercatat ada dua Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Musi Rawas (Mura) DPHP-nya mengalami kendala. Kedua Kecamatan itu yakni STL Ulu Terawas dan Muara Lakitan.

Ketua KPU Mura, Efriansyah melalui devisi tehnis, Nopriansyah, ketika dibincangi Musirawas Ekspres, kemarin (26/4) diruang kerjanya mengakui ada kesalahanm DPHP yang sudah diserahkan ke masing-masing pasangan calon. Kesalahan DPHP itu ada di Kecamatan STL Ulu Terawas dan Muara Lakitan.

Dikatakannya diketahui ada kesalahan DPHP terseburt setelah Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) melakukan crosscek. Hasilnya, ya itu tadi ditemukan kesalahan DPHP. “ Kesalahan itu sudah diperbaiki oleh KPU. Untuk memperbaiki kesalahan itu petugas bekerja siang malam,”paparnya.

Dikatakannya ada disalah satu desa, jumlah pemilih 1600 pemilih, tetapi terkonversi di KPU Mura Cuma 400 pemilih. Kesalahan itu bukan factor kesengajaan, tetapi lebih disebabkan kendala tehnis.

Mengapa demikian, karena data pemilih berdasarkan nomor urut tersebut ada yang terpisah, akibat kesalahan computer. Sebagai contoh, data 1 dengan data 2 pisahnya cukup jauh, sehingga komputernya tidak bisa membaca. “ Akibat pisahnya itu program yang ada di computer tidak bisa membacanya,”terang Nopri.

Laki-laki bertumbuh sedikit gemuk ini menjelaskan kesalahan konversi itu sudah diperbaiki. Menurutnya data yang sudah diperbaiki tersebut akan diserahkan kembali ke pasangan calon, termasuk Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu). “ Saya mengakui itu murni kesalahan tidak ada maksud apa-apa. Sebab hanya salah pengkonversian dan program,”tegasnya.

Dengan telah diperbaikinya kesalahan itu, mudah-mudahan tiga hari kedepan DPHP pemilukada Mura benar-benar sudah siap.

Apakah sudah ada kandidat yang melaporkan masalah DPHP? Nopriansyah mengatakan sejauh ini belum ada kandidat yang melaporkan masalah DPHP, baik itu laporan karena ada pemilih yang belum dimasuk maupun ada pemilih ganda. Hanya saja saat ini KPU sudah menerima laporan dari PPK, bahwa ada kemungkinan untuk pemilih akan mengalami penambahan. “ Kita mungkinkan untuk pemilih ada penambahan, mengenai jumlahnya berapa belum diketahui,”terangnya.

Penambahan pemilih sah-sah saja, apabila penambahan itu dinyatakan sah dan ada yang bertanggungjawab. (ME-07)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More