24 April 2010

Mura Kembangkan Enam Komoditas Buah Lokal

MUSI RAWAS-Kabupaten Musi Rawas (Mura) mengebangkan tanaman holtikultura khususnya enam jenis komoditas buah-buahan lokal yaitu Durian, Duku, Mangga, Nanas, Sawo Dan Manggis. Ini merupakan usaha pelestarian tanaman asli daerah. Usaha ini juga dilakukan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Mura.

“Dipilihnya komoditas ini karena banyak ditanam oleh masyarakat secara turun temurun dan tanaman tersebut cocok untuk ditumbuh kembangkan di Mura,” ujar Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Mura, Hendy UP melalui Kepala Bidang Program Mangaratua Sitorus.

Langkah yang dilakukan pihaknya dalam program pengebangan holtikultura tersebut yaitu dengan menyediakan bibit. Bibit ini sendiri akan diberikan kepada kelompok tani yang memang berkeingingan mengembangkan tanaman tersebut. kelompok yang mengajukan diri ini nantinya akan di data dan diidentifikasi masalah kesesuaian lahan dan tanah dan agroklimat.

“Setiap kelompok ini diharuskan mengajukan proposal untuk kemudian kita akan melakukan pengadaan bibit tanaman yang sesuai,” tambahnya.

Setiap kelompok tani ini akan diberikan jatah pengadaan bibit untuk lahan seluas 25 hektar. Jumlah bibit yang diberikan kepada masing-masig kelompok ini akan disesuaikan dengan komoditasnya seperti Durian 100 batang/hektar, Duku 100/hektar dan Nanas 20 ribu-23 ribu batang/hektar. (ME-06)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More