29 April 2010

Kades Dan Aparat Desa Diminta Awasi Pengoreksian DPHP

MUSI RAWAS-Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil), Dian Chandra, meminta kepada seluruh Kepala Desa (Kades) dan jajarannya ikut mengawasi pengkoreksian Daftar Pemilih Hasil Perbaikan (DPHP). Ikut dalam artian ikut membantu Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Karena keberhasilan penyelenggaraan pemiliha

“ Peran serta instansi lain khususnya camat dan jajarannya serta elemen masyarakat sangat dibutuhkan, demi mensukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas tahun 2010, yang akan berlangsung 5 Juni mendatang,” ungkap Dian, kepada Musirawas Ekspres , usai pertemuan seluruh Camat di Auditorium Pemkab Mura, Rabu (28/4).

Diakui Dian pengawasan perlu dilakukan untuk menghindari jangan sampai ada masyarakat yang memenuhi syarat tidak masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Sebaliknya apabila ada pemilih yang masuk dalam DPHP tapi tidak memenuhi syarat dapat segera diperbaiki sebelum ditetapkan menjadi DPT.

Sebelumnya dari DP4 Disdukcapil tercatat ada 440.715 pemilih di wilayah Kabupaten Mura. Setelah dilakukan perbaikan dan pengecekan di setiap desa, jumlah pemilih tersebut berubah menjadi 374.500 yang ditetapkan dalam DPHP.

Setelah ditetapkan, KPU membagikan DPHP tersebut kepada masing-masing tim pemenangan pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mura.

Selain itu DPHP juga diserahkan kepada Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Mura, selaku lembaga yang berkompeten menindak pelanggran yang dilakukan pasangan calon. DPHP ini kami bagikan kepada masing-masing tim pemenangan pasangan calon, tujuannya agar sama-sama mengoreksi apakah ada masyarakat yang belum terdaftar sebelum ditetapkan menjadi daftar pemilih tetap (DPT),”ungkap kepala Divisi Tehnis Novriansyah beberapa waktu lalu.

Selain itu dikatakan Novriansyah, diberikannya DPHP kepada semua tim pemenangan pasangan calon tersebut sebagai bentuk transparasi KPU dalam hal daftar pemilih yang nantinya akan menentukan nasib calon bupati dan wakil bupati. “DPHP tersebut sifatnya belum final karena masih terus dikoreksi bias bertanbah bias berkurang. Kami masih menunggu masukan dari masyakat atau tim pemenagan pasangan calon terhitung sejak DPHP sampai pleno penetapan DPT. Kalau target kami DPT bisa mencapai 380 ribu sampai 400 ribu pemilih,”ucapnya. (ME-07)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More