07 April 2010

19 April Dimulai Kampanye Kandidat

* Masalah DPT KPU Akan jemput Bola
MUSI RAWAS–
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Musi Rawas (Mura) menetapkan masa kampanye masing-masing pasangan calon akan dimulai, Jumat (19/4) mendatang. Penetapan masa kampanye tersebut dilakukan dalam rapat pleno KPU Mura, kemarin (6/4).

Menurut Ketua KPU Mura, Efriansyah, kepada Musirawas Ekspres mengatakan berdasarkan keputusan rapat tersebut masing-masing pasangan calon akan diberikan kesempatan sebanyak 2 kali melakukan kampanye. Dan untuk lokasi kampanye sendiri sudah disiapkan sebanyak 8 titik dalam wilayah Kabupaten Mura.

“ Masing-masing pasangan calon akan mempunyai kesempatan sebanyak 2 kali untuk melakukan kampanye akbar diwilayah Kabupaten Mura,”tegasnya.

Supaya jadwal kampanye tersebut bisa diketahui pasangan calon, maka KPU Mura akan mengundang partai politik (Parpol) pengusung dan tim sukses (Timses) masing-masing. Tujuannya supaya mereka mengetahui lokasi-lokasi yang ditentukan untuk melakukan kampanye.

Nah saat pertemuan nanti, jadwal yang telah disusun KPU Mura dilontarkan ke parpol pengusung dan timses. Maksudnya apakah jadwal yang telah disusun tersebut sudah sesuai atau belum. “ Tapi biasanya berdasarkan pengalaman pada pemilu legislative terdahulu, jadwal yang dibuat KPU yang digunakan,”kata Efriansyah.

Sebagai antisipasi tidak ada pertemuan massa pendukung, jadwal kampanye sudah diatur seoptimal mungkin supaya tidak terjadi benturan atau pertemuan massa masing-masing pasangan calon saat kampanye. “ Kita sudah antisipasi jadwal kampanye, supaya masa pendukung masing-masing pasangan calon tidak bertemu,”paparnya.

Nah sebelum dimulainya masa kampanye, KPU akan menggelar acara launching kampanye. Launching sendiri akan dilaksanakan di alun-alun agropolitan centre atau tepatnya di Kecamatan Muara Beliti.

Bagaimana masalah Daftar Pemilih Tetap (DPT)? Efriansyah menjelaskan sampai saat ini DPT yang akan memilih di Kabupaten Mura, belum final. “Sekarang lagi proses di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Dimana pihak Kecamatan masih menghitung jumlah pemilih yang akan dijadikan DPT,” ujar Efriansyah.

Lebih lanjut Efriansyah, menjelaskan kendala penghitungan di Panitia Pemungutan Suara (PPS) sendiri tidak ada lagi. Hanya saja masih adanya perbaikan di PPK. “Karenanya dalam waktu dekat ini kita akan melakukan jemput bola. Sehingga dalam waktu dekat kita juga sudah dapat memplenokan jumlah DPT di Kabupaten Mura,”janjinya.

Menyinggung apakah akan ada suara tambahan dalam pemilihan kali ini? Dijelaskan Efriansyah, untuk jumlah suara tambahan sendiri diprediksi tetap ada. “Kemungkinan lima tahun yang lalu ada yang belum memilih. Tetapi pada 2010 ini ada yang sudah dapat memilih. Jadi kita prediksi jumlah suara akan bertambah dibanding pada pemilihn presiden ataupun legislative yang lalu,” bebernya. Sejauh ini dari catatan KPU dari 21 Kecamatan baru ada 8 Kecamatan yang sudah melengkapi atau memiliki DPT.

“Ada 8 yang sudah. Tapi yang saya ingat baru Kecamatan Selangit dan Kecamatan Purwodadi. Nantilah, akan kita beberkan semuanya, sehingga jumlah suara dapat diketahui oleh masyarakat luas,” paparnya.

Sementara itu, kemarin, pihak PU juga melakukan rapat evaluasi untuk sosialisasi kepada pemilih pemula. “Kita akan melakukan sosialisasi kepada pemilih pemula. Misalnya anak SMA, MAN dan tingkat SLTA sederajat lainnya,” paparnya.

Belum di ketahui sekolah mana saja yang akan emnadji sasaran KPU dalam melakukan sosialisasi. “Sosialisasi juga akan kita lakukan terhadap beberapa kalangan masyarakat. sedikitnya ada empat tempat sosialisasi yang akan kita lakukan selama 4 hari ked3epan, antara lain kecamatan Rawas Ulu, Karang Jaya, Jaya Loka dan Muara kelingi,” ujarnya. (ME-07)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More