20 April 2010

Warga Kelingi IVD Ancam Boikot Jalan

MUSI RAWAS-Semakin parahnya kerusakan jalan poros di kawasan Kelingi IVD Kecamatan Muara Kelingi membuat warga di kawasan itu geram. Puncaknya warga mengancam akan memboikot kendaraan perusahaan yang tidak mau memberikan sumbangsih terhadap perbaikan jalan.

“Belum lama ini kami menahan mobil pertamina sebagai bentuk protes terhadap ketidakpedulian perusahaan terhadap jalan, serta telah berperan merusak badan jalan,” kata Wan warga Kelingi IVd. Penegasan warga ini lanjut Wan sebagai bentuk kepedulian terhadap jalan yang telah menjadi urat nadi perekonomian warga Kecamatan Muara Kelingi.

“Jika kerusakan jalan semakin parah maka perekonomian warga ikuti turun lantaran akses utama menjadi penghambat aktivitas warga,” kata Wan. Jalan sepanjang kurang lebih 12 KM merupakan akses utama menuju Kelurahan Kelingi hingga Desa SP6 Mekarsari dimana saat ini kerusakan jalan di kawasan itu semakin parah, dipenuhi lubang akibat sering dilalui kendaraan berat Pertamina.

Ke depan Wan mengaharapkan agar Pemkab Mura benar-benar slektif terhadap izin perusahaan yang memanfaatkan jalan milik Kabupaten Mura pasalnya jika rusak nantinya akan berimbas langsung terhadap masyarakat.

“Jika perusahaan enggan memperbaiki jalan, sebiknya tidak diberikan izin memanfaatkan jalan, atau mereka harus membuat jalan sendiri agar tidak menimbulkan konflik pada masyarakat desa yang sejak dulu mengharapkan jalan,” kata Wan.

Terpisah Kepala Dishub dan Kominfo Kabupaten Mura, Ari Narsa mengakui selain merusak jalan, aktivitas kendaraan perusahaan khususnya Pertamina di kawasan Kelingi IVD masih lilegal, karena perusahaan belum memperpanjang izin dispensasi pemakaian jalan sesuai Perbup No.67 Tahun 2008.

“Perusakan jalan akibat aktivitas perusahaan pertambangan dan perkebunan tidak hanya terjadi di Muara Kelingi, namun terjadi di kecamatan lain. Untuk itu kita minta agar perusahaan setidaknya ikut andil memberikan kontribusi terhadap perbaikan jalan agar tidak menimbulkan persoalan di tingkat masyarakat kecamatan,” katanya. (ME-06)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More