14 April 2010

Penerbangan Batam-Linggau Segera Terwujud

MUSI RAWAS- Setelah mewujudkan Penerbangan Jakarta–Lubuklinggau yang telah meyelesaikan proses tender dalam pengoperasian Bandara Silampari, dengan menetapkan Riau Airline, saat ini pemerintah sedang mengupayakan jalur perbangan Batam–Lubuklinggau. Diperkirakan jalur penerbangan Batanm-Lubuklinggau ini akan terealisasi April 2010.

Menurut Bupati Musi Rawas, H Ridwan Mukti jalaur penerbangan bandara Silampari nantinya dapat melayani Batam- Lubuklinggau-Jakarra hal ini bertujuan untuk mensukseskan Musi rawas sebagai Gerbang Investasi Sektor barat.
“Dengan dihubungkannya kedua gerbang Investasi di Indonesia tersebut maka kabupaten Musi Rawas menjadi gerbang Investasi sector barat akan segera terealisasi,” katanya.
Dilanjutkananya untuk mewujudkan gerbang investasi sector barat ini juga kabupaten musi rawas akan mengembangkan terminal petikemas yang akan mengangkut hasil bumi di Kabupaten Musi Rawas.

Terpisah Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Musi Rawas, Ari Narsa JS mengatakan Pemkab Mura telah mematok harga tiket pulang pergi (PP) Lubuklinggau dan Jakarta di Bandara Silampari sebesar Rp 600 ribu. Harga tiket ini sehubungan telah ditetapkannya maskapai penerbangan Riau Airline sebagai pemenang tender dan telah mempersiapkan dua pesawat yang akan melayani penerbangan regular dari Bandara Silampari (Lubuklinggau) ke Bandara Soekarno Hatta (Jakarta).

“Harga tiket sekitar Rp 600 ribu, jika nantinya ketentuan Dephub melebihi harga tersebut, selisihnya akan disubsidi pemerintah daerah, yang sudah dianggarkan melalui APBD,” kata Ari Narsah.

Dilanjutkannya selain menunggu ketetapan harga tiket dari Dephub, saat ini maskapai Riau Airline sedang mengurus izin untuk penerbangan. Jika hal tersebut sudah selesai, maka bandara Silampari siap melayani penerbangan regular.
“Untuk tahap awal ini, jadwal penerbangan tiga kali PP dalam satu minggunya. Kita lihat animo masyarakat, jika cukup besar, maka jadwal penerbangan bisa lebih dari tiga kali dalam satu minggu,” katanya.

Ari Narsa melanjutkan meskapai Riau Airline telah mempersiapkan dua pesawat jenis Foker 50 (sejenisnya) dan siap dioperasikan, jika penerbangan regular sudah mulai berjalan. direncanakan bulan April 2010 ini Bandara Silampri akan melayani perjalanan Lubuklinggau–Jakarta pulang pergi.

“Penentuan jadwal penerbangan reguler, saat ini masih menunggu penentuan harga tiket dari Dirjen Perhubungan Udara. Dephub masih menghitung jarak, waktu tempuh, jenis pesawat dan lainnnya, sebelum memutuskan harga tiket. (ME-06)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More