26 April 2010

Pembangunan Gedung Perbankan di Yos Sudarso Menyalahi Aturan

* Pemkot tak Mau Mengeluarkan IMB
* Akan Dibongkar Paksa
LUBUKLINGGAU-
Pemerinatah Kota (Pemkot) Lubuklinggau tidak akan mengeluarkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) bagi perusahaan perbankan di jalan Yos Sudarso Kelurahan Cereme Taba Kecamatan Lubuklinggau Timur II.

Pasalnya, disinyalir pembangunan gedung perbankan itu yang dilaksanakan pihak rekanan telah menyalahi Peraturan Daerah (Perda) Kota (Perda) Lubuklinggau Nomor 16 tahun 2006 tentang Izin Mendirikan Bangunan.

Indikasi ini diketahui setelah Pemkot Lubuklinggau melalui Dinas Pekerjaan umum (PU) memantau pembangunan gedung salah satu bank swasta tersebut. Hasilnya pembangunan gedung perbankan itu terlalu dekat dari badan jalan. Padahal jelas dalam Perda tersebut terutama dalam ayat C dijelaskan jarak bangunan dari as jalan mesti 16 meter.

Seperti dijelaskan oleh Walikota Lubuklinggau H. Riduan Effendi, melalui asisten II Tata Perekonomian dan Pembangunan Hermansyah Unip, kepada Musirawas Ekspres, Sabtu (24/4) lalu.

Menurutnya Pemkot melalui dinas PU sudah melayangkan surat teguran kepada pihak perbankan tersebut mengenai jarak bangunan. Isinya supaya pembangunan tidak terlalu dekat dengan jalan. Karena akan mengangu apabila Pemkot Lubuklinggau akan melakukan pelebaran jalan.

Bagaimana masalah izin?Hermansyah mengatakan bahwa pihak perbankan masih mengunakan IMB sementara. Untuk itu apabila pembangunan tersebut menyalahi aturan yang telah ditetapkan dalam Perda maka Pemkot Lubuklinggau tidak akan mengeluarkan IMB. “ Kalau masih tetap tidak mengindahkan teguran, maka Pemkot Lubuklinggau tidak akan mengeluarkan IMB,” tegasnya.

Selain itu pihaknya sudah memberikan himbauan mengenai aturan pendirian bangunan disisi jalan protokol. Jika sampai tiga kali teguran dari Dinas PU tidak juga diindahkan maka akan ditindak lanjuti dengan surat teguran yang ditandatangani oleh Walikota langsung.

“ Apabila masih juga membandel maka kita akan perintahkan Sat Pol PP untuk menindak lanjutinya, ya akan dibongkar”, tegasnya lagi. (CW-01)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More