21 April 2010

Nopriansyah: Hari Ini, Kandidat Terima DPHP

MUSI RAWAS-Bila tidak ada kendala, direncanakan hari ini, Rabu (21/4) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Musi Rawas (Mura)
Bakal membagikan Daftar Pemilih Hasil Perbaikan (DPHP) kepada seluruh kandidat yang akan bertarung pada pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) 5 Juni mendatang.

Ketua KPU Mura, Efriansyah melalui devisi tehnis, Nopriansyah, ketika dihubungi Musirawas Ekspres, kemarin (20/4) melalui ponselnya membenarkan bahwa hari ini, akan dibagikan DPHP kepada kandidat. “ Benar, hari ini, DPHP akan dibagikan ke seluruh kandidat.

Setelah dibagikan masing-masing calon mempunyai waktu 10 hari untuk mengkoreksi DPHP tersebut. “ Sesuai dengan tahapan ada tenggang waktu 10 hari untuk melakukan koreksi. Nah waktu tersebut juga berlaku untuk pasangan kandidat untuk melakukan koreksi,”paparnya.

Maksud koreksi, jika saja saat penyusunan DPHP ada yang tidak sesuai. Misalnya ada pemilih yang belum masuk serta ada pemilih ganda. “ Kesempatan itu diberikan kepada kandidat, jangan sampai KPU dipersalahkan setelah dilakukan penetapan DPT nanti,”tegasnya.

Perlu diketahui masalah DPHP ini baru pertama kali di Sumatera Selatan (Sumsel) KPU membagikan ke kandidat. Ini dilakukan sebagai upaya untuk transparansi pemilukada diwilayah Mura. dan juga sebagai antisipasi tudingan dan isu yang mengatakan ada mark-up jumlah suara yang dilakukan untuk memenangkan salah satu kandidat.

Artinya dengan tenggang waktu 10 hari, kandidat mempunyai waktu sampai 1 Mei 2010 untuk melakukan koreksi. Setelah data itu fit, 2 Mei 2010 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) serentak akan melakukan pleno penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Seterusnya 3 Mei 2010 usai pleno Berita Acara (BA) hasil pleno penetapan DPT disampaikan ke KPU Mura. setelah seluruh tahapan selesai, 5 Mei 2010 KPU melaksanakan rapat pleno penetapan DPT.

Berapa jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ? Efriansyah mengatakan jumlah DPS sebanyak 440715 pemilih.
Terakhir ia mengatakan dengan adanya pemberitahuan tersebut, dirasa kinerja KPU sudah sangat transparan. “ Kalau sudah diserahkan kurang apa lagi KPU,”terangnya. (ME-07)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More