02 Maret 2010

Dishub Pastikan Jalur Transfortasi Mulai Normal

MUSI RAWAS-Terputusnya beberapa ruas jalan baik jalan desa, kabupaten dan provinsi akibat banjir besar melanda Kabupaten Musi Rawas (Mura) sepekan terakhir ini sudah tertangani. Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishub Kominfo), Ari Narsa kepada Musirawas Ekspres kemarin (1/3) mengungkapkan semua jalur jalan sudah bisa dilewati.

“Tidak ada lagi jalur jalan yang putus atau tidak bisa dilewati pasca banjir walaupun memang pada kenyataannya masih ada yang belum lancar 100 persen,” ungkap Ari Narsa. Ditambahkan mantan Kabag Protokol Setda Mura pihaknya bersama dengan dinas teknis terkait dalam hal ini Dinas PU Bina Marga telah koordinasi mendata jalan-jalan yang harus ditangani secara tangggap darurat agar bisa diakses.

“Termasuk titik jalan yang rawan serta membutuhkan kewaspadaan bagi pengendarannya sudah kita pasang semacam papan pemberitahuan atau rambu-rambu. Sementara jalan-jalan yang rusak disampaikan ke Dinas PU Bina Marga agar cepat ditangani. Dan sejauh ini koordinasi berjalan sangat lancar dan penanganan sudah dilaksanakan,” katanya. Misalnnya upaya penimbunan dan pengerasan yang dilakukan Dinas PU Bina Marga pada titik jalan yang berlumpur sudah berangsur dilaksanakan termasuk perbaikan jembatan secara darurat.

“Hanya saja memang ada beberapa titik jalan yang rusak belum bisa ditangani karena kondisi. Misalnnya jalan menuju ke Beringin Makmur Kecamatan Rawas Ilir untuk penimbunan atau pengerasan kita menunggu cuaca mendukung, maksudnya ketika jalan yang berlumpur sudah mulai kering maka penimbunan dan pengerasan baru akan dilaksanakan,” katanya. Namun yang pasti terhadap titik kerusakan yang memang bisa ditangani secara cepat langsung dilakukan.

Termasuk upaya penanganan dengan melibatkan investor atau perusahaan besar baik pertambangan maupun perkebunan yang ada di Musi Rawas.

“Misalnnya jalan dari Nibung ke Rawas Ilir sudah diperbaiki dibantu pihak perusahaan misalnya Lonsum dan PT Seleraya. Nah agar penanganan bisa dilaksanakan cepat maka kita upayakan semua perusahaan yang ada ikut membantu karena keberadaan jalan tersebut juga mendukung mobilitas kerja mereka,” tambahnya.

Tidak hanya sarana komunikasi dan lainnya menurut Ari Narsa juga menjadi perhatian Dishub Kominfo untuk cepat ditangani pasca banjir. Salah satu contoh untuk jalan di Kecamatan Rupit yang terhalang akibat beberapa pohon tumbang akibat Angin Putting Beliung sudah dibersihkan.

“Termasuk juga untuk tiang listrik yang roboh dan patah akibat Angin Putting Beliung kita sudah koordinasi dengan PLN agar secepatnya diganti. Hari ini (kemarin, red) semuanya sudah tertangani dan listrik tampaknya sudah bisa kembali normal,” pungkasnya. (ME-02)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More