19 Maret 2010

Tiga Balon Bupati dan Wabup Lengser

*Plt Kepala Bappeda, Sekwan dan Camat Ulu Rawas Dilantik
MUSI RAWAS–
Tiga pejabat Mura yang menjadi Balon (bakal calon) Bupati dan Wakil Bupati pada Pemilukada Mura resmi lngser alias menanggalkan jabatannya. Ketiganya yakni Balon Bupati, HM Isa Sigit dan Wabup H Hendra Gunawan serta Untung Supriyanto yang resmi melepaskan jabatan sebagai Sekwan, Kepala bappeda dan Camat Rawas Ulu. Satu Balon Bupati lainnya, H Senen Singadilaga tinggal menunggu waktu menanggalkan Jabatan sebagai Sekda sembari menunggu surat Gubernur Sumsel.

Selanjunya kekosongan tiga jabatan strategis di lingkungan Pemkab Mura kemarin sudah terisi sejalan dengan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan oleh Bupati Mura, H Ridwan Muki kemarin (18/3) di Auditorium Pemkab Mura. Selain tiga jabatan strategis yang ditinggalkan pejabat lama karena bersatus sebagai Balon Bupati dan Wabup pada Pemilukada Mura 2010, Bupati Ridwan Mukti melantik sedikitnya 273 pejabat Pemkab Mura  eselon II, II dan IV.

Untuk jawaban Sekwan (Sekretrais DPRD Mura, red) yang ditinggalkan HM Isa Sigit diisi oleh Tri Buana yang sebelumnya Kabag Persidangan pada Sekretrait DPRD Mura. Kemudian Kepala Bappeda yang ditinggalkan H Hendra Gunawan, dijabat H Raidusyahri yang sebelumnya adalah Asiten Ekonomi dan Pembangunan Setda Mura. Sementara Y Mori dilantik sebagai Camat Rawas Ulu menggantikan Untung Supriyanto.

Secara keseluruhan 273 pejabat yang dilantik terdiri dari tiga orang pejabat eselon II, 27 pejabat eselon III dan untuk pejabat eselon IV sebanyak 243 orang. Bupati Ridwan Mukti menegaskan, pengambilan sumpah jabatan pejabat eselon II, III dan IV di lingkungan Pemkab Musi Rawas tersebut berdasarkan SK Bupati Musi Rawas No.088/KPTS/BKPP/2010, tanggal 17 Maret 2010, tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Pejabat Struktural Eselon II,III dan IV di lingkungan Pemkab Musi Rawas. Khususnya jabatan eselon II yang definitif dan telah mendapat persetujuan Gubernur Sumsel tentang Persetujuan Pengangkatan Pejabat struktural eselon II di lingkungan Pemkab Musi Rawas.

Selain itu disampaikan Ridwan Mukti, pelantikan merupakan kebutuhan sekaligus keharusan dalam rangka penyegaran dan pengembangan karir bagi pejabat. “Sebuah jabatan, selain sebagai sebuah penjenjangan karir, juga merupakan sebuah kepercayaan dan penghargaan atas prestasi kerja seorang aparatur,” kata Ridwan Mukti.  Dengan sistem mutasi dan rotasi jabatan diharapkan tercipta gerak yang lebih dinamis sehingga penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan kegiatan sosial kemasyarakatan di daerah dapat berjalan dengan baik.

Dalam kesempatan itu Bupati Ridwan Mukti juga mengharapkan, hingga akhir 2011 nanti seluruh instansi sudah terpusat di kawasan Agropolitan Center lokasi ibukota Kabupaten Musi Rawas yang baru di Kecamatan Muara Beliti, termasuk kantor bupati dan DPRD. Selain itu Ridwan Mukti juga mengingatkan aparatur di daerah yang dipimpinnya untuk tidak hanya memberdayakan sumber daya alam dan penyediaan prasarana dan sarana yang bersifat fisik saja, namun faktor terpenting di belakang keberhasilan pembangunan fisik dan pemberdayaan sumber daya alam, yaitu faktor manusia.

“Faktor sumber daya manusia yang unggul kita perlukan agar dapat dihasilkan kebijakan-kebijakan yang bermanfaat nyata bagi masyarakat,” tegasnya.

Dari sumber daya manusia yang unggul juga diharapkan terciptanya sistem pengelolaan pemerintahan yang efisien, memiliki nilai tambah, dan berdaya saing tinggi. Dengan daya saing tinggi maka kita akan dapat memenangkan persaingan.
Kepada 273 pejabat yang dilantik dan seluruh aparatur di lingkungan Pemkab Musi Rawas, Bupati Ridwan Mukti meminya agar dapat menyukseskan tiga agenda daerah yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Ketiganya yakni pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Sumsel ke XXIV yang akan dilaksanakan di April 2010 nanti.

Selanjutnya peringatan hari jadi Kabupaten Musi Rawas ke-67 yang jatuh pada tanggal 20 April 2010, dengan mengadakan berbagai kegiatan acara sehingga dapat memeriahkan datangnya hari bersejarah bagi Bumi Lan Serasan Sekentenan.
Terakhir pelaksanaan Pemilukada Mura yang akan digelar 5 Juni 2010, untuk masa jabatan 2010-2015. Karena menurutnya hasil Pemilukada tersebut akan menentukan arah kebijakan pembangunan Musi Rawas lima tahun ke depan. (ME-06)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More