30 Maret 2010

Musi Rawas Rawan Tungro

MUSIRAWAS- Kawasan pertanian di Kabupaten Musi Rawas merupakan kawasan pertanian rawan tungro yang setiap tahunnya dapat mengancam. Khususnya lahan persawahan padi petani di Kecamatan Tugumulyo, Purwodadi, Sukakarya dan Megang Sakti yang merupakan sentra pertanian di Kabupaten Mura.

“Areal pertanian di Kabupaten Mura ini memang merupakan kawasan pertanian yang rentan dengan hama Tungro,” kata Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, Hendy UP, Senin (29/3). Dilanjutkananya, untuk itu pihaknya menganjurkan kepada petani melalui kelompok tani dalam pemilihan varitas bibit untuk benar-benar memilih bibit yang tahan terhadap penyakit tungro ini seperti Chiherang, Kalimas, Inpari, Bondoyudo dan Juga Situ gonggo yang memang cukup tahan terhadap hama ini.

Sedangkan untuk pembinaan kepada kelompok tani saat ini merupakan tangung jawab bersama antara Dinas Tanaman Pangan Dan Holtikultura, Bappelu PPL serta petugas pengendalian hama penyakit di bawah naungan Dinas Tanaman Pangan Provinsi. Diakui Hendy, saat ini pihaknya sedang mendata seberapa besar serangan hama tungro yang ada dan apabila luasan areal tersebut merupakan Puso (gagal panen) yang mencapai 80 persen akan di laporkan kepada pemerintah Pusat untuk mendapatkan bantuan bibit.

Selain itu juga pihaknya menghimbau kepada petani untuk benar-benar aktif dalam kelompok tani karena pembinaan yang dilakukan hanya melalui kelompok tani baik dalam pengendalian hama melalui peran serta kelompok tani. Lambannya penangannan yang dilakukan juga dikarenakan pihaknya masih terbatas tenaga dilapangan sehinga pihaknya membuka info centre agar informasi keluhan petani dapat langsung ditangani.(ME-06)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More