27 Maret 2010

BKM Satelit Bantu 60 Tong dan Dua Motor Sampah

LUBUKLINGGAU-Sebagai bentuk kepedulian kebersihan lingkungan diwilayah Kota Lubuklinggau. Kemarin (26/3) Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Satelit Kecamatan Lubuklinggau memberi bantuan 60 tong sampah dan dua unit sepeda motor pengangkut sampah kepada kelurahan satelit. Penyerahan bantuan tersebut dilaksanakan di Kantor Lurah Satelit, diterima langsung Walikota Lubuklinggau, H Riduan Effendi diwakili Asisten II Bidang Pembangunan dan Perekonomian, Hermansyah Unip.

Hadir saat penyerahan Koordinator PNPM Kota Lubuklinggau Iwan Supriyatna , Sekretaris Camat Lubuklinggau Utara II, Waidi, Lurah Satelit, Suhaimi, serta anggota BKM Satelit.

Dalam kesempatan itu Asisten II, Hermansyah Unip mengatakan sangat menyambut baik peran dan kepedulian yang diberikan oleh BKM dalam bentuk fasilitas tong sampah dan dua unit sepeda motor pengangkut sampah sebagai upaya untuk menciptakan kebersihan lingkungan.

Menurutnya upaya yang telah dilakukan oleh BKM Satelit itu merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap kebersihan lingkungan. Untuk itu ia berharap kepada pihak BKM jangan hanya sebatas memberi bantuan kemudian lepas control, akan tetapi terus di awasi dan diperhatikan sehingga baik secara operasional maupun penggunaan dari pada fasilitas tersebut mengenai sasaran sebagai bentuk dukungan terhadap Kota Lubuklinggau meraih adipura.


Tidak hanya itu saja , Hermansyah juga menghimbau dan meminta kepada seluruh ketua RT yang sempat hadir dalam kesempatan itu untuk aktif dalam memberikan himbauan kepada warganya berkenaan dengan pemanfaatan pekaranag untuk penghijauan.
Selain itu supaya setiap RT menghimbau kepada warganya mengenai waktu membuang sampah yakni dua kali dalam sehari. Pada pukul 07.00 WIB dan sore pada pukul 15.00 Wib sebab petugas pengangkut sampah hanya dua kali sehingga sampah tidak menumpuk.

Sedangkan Lurah Satelit Suhaimi pada kesempatan itu lebih menekankan kepada program BKM untuk terus dapat memberdayakan masyarakat terutama dalam mejaga kebersihan lingkungan sekitar.

Sementar itu Koordinator BLKM Satelit Fauzi menjelaskan bahwa seyogyanya bantuan ini sudah diajukan sejak lama ke pusat akan tetapi karena masalah administrasi sehingga baru bisa di berikan sekarang, selain itu bantuan yang diberikan tersebut merupakan bentuk kepedulian serta dukungannya kepada Pemkot Lubuklinggau untuk meningkatkan upaya bersih lingkungan.

"Hal itu mengingat berdasarkan pengalaman Kelurahan Satelit merupakan wilayah yang rentan dengan masalah sampah sehingga bentuk kepedulian itu di wujudkan dengan membantu pihak kelurahan dalam mengatasi masalah sampah ini dengan memprogramkan tong dan motor sampah ini," ungkapnya.

Sementara itu untuk motor sampah menurut Fauzi merupakan milik dua KSM yakni KSM Sawit dan KSM Lembah Sulap. Untuk tong sebanyak 60 tong sampah yang akan dibagi ke enam Kelurahan dilingkungan Kelurahan Satelit artinya setiap RT akan mendapat sepuluh tong sampah. (CW01)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More