11 Maret 2010

Polres Mura ‘Setor’ 185 Kecepek ke Polda

MUSI RAWAS-Polres Musi Rawas, Rabu (10/9) mengirimkan 185 senjata api rakitan (kecepek) ke Polda Sumsel. Semua senjata itu adalah hasil serahan masyarakat ke Polres Musi Rawas melalui Polsek, Kades dan tokoh masyarakat.

Semua senjata itu, terdiri dari 175 laras panjang dan 10 laras pendek, rencananya Kamis (11/2)diserahkan ke Polda Sumsel oleh Kapolres Musi Rawas AKBP Herry Nixon’s, Kabag Ops AKP Ricard Pakpahan dan Kasat Reskrim AKP Maruly Pardede. Penyerangan ini berkaitan pelaksanaan pemusnahan senjata.

Kapolres Musi Rawas AKBP Herry Nixon’s melalui Kasat Reskrim AKP Maruly Pardede didampingi Kaur Bin Ops Ipda Diaz Oktora, menjelaskan senjata-senjata yang didapatkan ini adalah hasil serahan masyarakat sejak 2009 hingga Maret 2010. “Adalah senjata rakitan serahan dari masyarakat, diantaranya dari warga Ramayu dan Petunang melalui Kades, ada juga melalui tokoh masyarakat seperti Edi Yoso,” jelasnya.

Kemudian ditambahkan Diaz, penyerahan senpi dari masyarakat ini, membuktikan mulai adanya kesadaran dari masyarakat bahwa memiliki senjata api melanggar hukum. Dan tentunya juga berhasil karena atas bantuan para kades, tokoh masyarakat sehingga banyak masyarakat yang menyerahkan senpi.

Berkaitan dengan penyerahan ini, dikatakan Diaz kepada masyarakat dihimbau agar menyerahkan senpi bagi yang memiliki tanpa izin. Pasalnya memiliki senpi tanpa izin, diancam hukuman 10 tahun penjara sesuai dengan Undang-undang Darurat No.12 tahun 1951. “Karena itu kami himbau, agar yang memiliki sengera menyerahkan senpi yang dimiliki,” jelasnya.

Bagi yang menyerahkan senjata dengan sukarela tentunya tidak akan ditangkap ataupun diproses hukum. Namun bagi yang tidak menyerahkan, tapi kemudian ditangkap polisi tentunya akan diproses secara hukum. “Karena ini kami himbau kepada yang memiliki, harus menyerahkan senpi yang dimiliki tanpa izin,” jelasnya.

Sementara itu pantauan Musirawas Ekspres sekitar pukul 11.00 WIB kemarin, 185 kecepek yang akan diserahkan diletakkan di dalam mobil double cabin Mitsubishi L200, langsung diangkut dari Muara Beliti ke Palembang. Pengiriman kecepek ini langsung dilakukan Kasat Reskrim. (ME-01)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More