11 Maret 2010

10.000 Lahan RU dan Rupit Diminati PT IL

MUSI RAWAS-Keseriusan PT Indopalma Lestari (PT IL), perusahaan perkebunan sawit untuk membuka lahan sawit di Kecamatan Rawas Ulu (RU) dan Rupit kian menguat. Sedikitnya 10.000 hektar lahan warga di dua kecamatan itu diminati perusahaan tersebut.

Rencana pembukaan lahan sawit PT Indopalma ini terungkap pada paparan Andal, RKL dan RPL perusahaan di Op Room Pemkab Mura dihadiri tim tehnis, komisi, camat dan Kades di dua Kecamatan, Rabu (10/3). PT Indopalma melalui CV Perdana Consultant diketuai Halim dalam paparannya mengatakan selain mengusulkan pembukaan lahan seluas 10.000 hektar, PT Indolpalma Lestari akan membangun 1 unit pabrik berkapasitas 30 ton Tandan Buah Segar (TBS)/jam.

Dalam paparannya, Halim memastikan keberadaan PT Indopalma Lestari akan memciptakan manfaat bagi warga Kecamatan Rawas Ulu dan Rupit dimana nantinya akan meningkatkan kesejahteraan petani dan penduduk setempat, menciptakan peluang bekerja dan berusaha, mempercepat pembangunan daerah kecamatan Rawas Ulu dan Rupit. Serta meningkatkan kontribusi PAD Musi Rawas serta memanfaatkan lahan non produktif untuk perkebunan kelapa sawit.

Sementara itu, kritisi Tim Tehnis dan Komisi terhadap Dokumen Andal, RKL, dan RPL milik PT Indopalma Lestari yang disinyalir masih memiliki beberapa kekurangan dimana nantinya akan berdampak pada pencemaran lingkungan, tim konsultan perusahaan tetap memiliki sanggahan dan menyakin Pemkab Mura aktifitas perusahaan tidak akan merusak lingkungan. Dimana akhirnya Badan Lingkungan Hidup memastikan tetap menerima Dokumen Andal, RKL dan RPL perusahaan dan tanpa disertai dengan beberapa cacatan penting. (ME-06)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More