06 Maret 2010

Karya Teladan Percontohan Kota Terpadu Mandiri

MUARA KELINGI-Desa Karya Teladan Kecamatan Muara Kelingi dijadikan Kota Terpadu Mandiri (KTM) dengan pemanfaatan fasilitas pemerintah dalam usahan percepatan pengembangan ekonomi lokal kawasan Agropolitan Distrik Muara Kelingi. Bahkan ke depan bukan tidak mungkin Karya Teladan akan dijadikan percontohan KTM.

“Desa ini telah diprogramkan oleh Bupati Musi Rawas untuk menjadi kawasan KTM dan distrik agropolitan,” kata Camat Muara Kelingi, Musadik Nanguning kepada Musirawas Ekspres ini. Untuk itu beberapa waktu lalu diadakan sosialisasi agar masyarakat mengerti tujuan dari KTM dan dapat mewujudkan apa yang menjadi tujuan dari KTM. Tepatnya menciptakan sektor agrobisnis yang mampu meningkatkan perekonomian daerah untuk menuju masyarakat sejahtera.

Dilanjutkannya, KTM sendiri merupakan program pemerintah Pusat untuk menumbuhkan daerah transmigrasi dengan pembangunan bidang ekonomi diterapkan dengan penerapan pola di perkotaan dan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADesa). Selain pengembangan di bidang ekonomi juga dilakukan pengembangan infrastruktur dan fasilitas lainnya yang sama dengan daerah perkotaan,untuk itu sangat diharapkan peran serta dan partisipasi dari masyarakat agar terwujudnya KTM di Desa Karya Teladan.

Sementara itu Kasi Pengawasan Koperasi pada Dinas Koperasi dan UKM, Gusti Rohmani menuturkan salah satu penunjang KTM yakni kemajuan dan pengembangan koperasi desa. Untuk itu pihaknya menghimbau agar masyarakat Desa Karya Teladan segera membentuk dan menambah lagi koperasi sehingga koperasi benar-benar dapat menjadi salah satu penggerak perekonomian masyarakat.

“Koperasi yang telah ada diharapkan agar secara rutin untuk melaporkan RATnya kepada Dinas Koperasi dan UKM sehinga kemajuan serta perkembangan koperasi yang ada dapat diketahui,” katanya.(ME-06)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More