11 Januari 2010

Selangkah Lagi Mutasi Besar-besaran

*Hasil Evaluasi Ada Kepala Dinas ‘Loyo’
MUSI RAWAS–Mutasi pegawai khususnya kepala SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di lingkukan Pemkab Mura akhir-akhir ini mulai menghangat. Disebut-sebut dalam waktu dekat akan ada mutasi besar-besaran sebagai bentuk penyegaran dan juga tentunya hasil evaluasi kinerja kepala SKPD. Dan infonya mutasi tinggal menunggu persetujuan Bupati Mura.

”Baperjakat sudah menggodok hasil evaluasi terhadap kinerja SKPD dan juga penilaian tersebut disampaikan kepada Bupati Musi Rawas,” kata kepala BKPP Mura, Hj Rita Mardiah, saat dihubungi melalui telepon genggamnya yang masih berada di Jakarta, Sabtu (9/1) lalu. Dilanjutkannya, dari hasil penilaian yang dilakukan Baparjakat tersebut memang ditemui adanya kepala kepala dinas yang loyo. Maksudnya tidak sesuai dengan kemampuannya dan juga memang kinerjanya tidak maksimal dalam mendukung program kerja SKPD.

Selain itu juga evaluasi yang dilakukan ini tidak lain untuk penyegaran untuk lebih mengefektifkan kinerja kepala SKPD di akhir jabatan Bupati dan wakil Bupati Mura. Mutasi ini juga kata Rita hanya ditujukan bagi pejabat yang dinilai kurang berprestasi kemungkinan akan diroling maupun dimutasi. Namun bagi kepala SKPD dalam setahun lalu berprestasi maka kemungkinan akan dipromosikan guna menduduki jabatan tertentu.

Namun, penyegaran jabatan ini kembali diingatkannya merupakan hal yang biasa dan berlaku bagi seluruh pejabat dan PNS di lingkungan Pemkab Mura0. Dan diharapkan dengan mutasi ini kinerja dalam pelayanan kepada masyrakat dapat ditingkatkan.

Dilanjutkannya, mutasi ini jangan diambil sisi negatifnya, namun harus lebih ke sisi positifnya.

“Karena penempatan PNS pada jabatan akan sesuai dengan kemampuannya dan akhirnya menuju pelayanan yang prima,” katanya.

Sehingga pelayanan yang dilakukan pemerintah benar-benar mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta meningkatkan SDM di lingkungan Pemkab Mura.

Sementara itu Sekretaris LSM SUU, Kurniawan Azhari menuturkan hendaknya mutasi yang dilakukan Bupati Mura tersebut memang berdasarkan hasil evaluasi kerja dan juga memang mempatkan pejabat yang memang mempunyai kempuan kerja.

“Kalau dilihat dari hasil pennyerapan APBD dan Juga kinerja program= program yang ada di Setiap SKPDnya pada tahun –tahun belakangan memang terlihat masih banyak kepala SKPD yang tidak mampu menerapkan program di SKPD yang dipimpinnya,” kata Kurniawan.

Selain itu juga masih banyak kepala SKPD yang merupakan kroni orang penting dan juga salah penempatan. Untuk itu diharapkannya kepada Bupati Mura untuk dapat menampatkan posisi pejabat sesuai dengan kemampuananya.(ME-06)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More