21 Januari 2010

Diendus Bento, Pencuri Travo Bandara Tertangkap

LUBUKLINGGAU-Bento, anjing pelacak jenis Golden dari Unit Satwa Polda Sumsel, Rabu (20/1) sekitar pukul 11.30 WIB berhenti mengendus ketika tiba di rumah Heri Septiansyah (24) warga Dusun Baru Kelurahan Air Kuti Kecamatan Lubuklinggau Timur I. Petugas pun dengan cepat mengeledah rumah itu, namun Heri tidak ada disana.
Petugas hanya bertemu dengan istrinya. Namun ketika diperbolehkan melakukan penggeledahan, ditemukan bekas potongan kabel travo yang hilang di Bandara Silampari. Kendati begitu petugas Polres Lubuklinggau sudah berpuas hati karena telah mengetahui siapa tersangkanya.

Namun tak lama kemudian petugas berhasil menangkap Heri, ia saat itu sedang mengendarai angkot kuning yang dikemudikannya. Heri selanjutnya diamankan sel Mapolsek Lubuklinggau Timur dan diintrogasi, hanya saja Heri yang pernah dihukum dalam kasus penggelapan ini, membatah melakukan pencurian tersebut.

Tapi petugas tidak patah semangat, sehingga didatangkan seorang saksi. Setelah dikonfrontirkan dengan saksi tersebut, Heri tetap membantah melakukan pencurian. Padahal saksi mengatakan ia sempat diminta Heri membantu memberikan penerangan ketika mengambil kabel yang disembunyikan di belakang rumah.

Kata saksi, ia saat itu dipanggil Heri kemudian dimintanya menyenter menggunakan lampu senter rumpun pohon pisang. Kemudian Heri bersama rekannya terlihat mengambil kabel selanjutnya dimasukkan ke dalam mobil. Usai membantu menyenteri, saksi itupun pulang.

Kapolres Lubuklinggau AKBP Mukhlis melalui Kasat Reskrim AKP Jonson Nadapdap didampingi Kaur Bin Ops Ipda Forliamzons kepada Musirawas Ekspres menjelaskan awalnya petugas bersama Bento mendatangi tempat travo yang hilng. Dari sanalah Bento langsung mengendus dan mencari jalur perjalanan pencuri.

Setelah berjalan cukup jauh, akhirnya sampailah di pemukilan. Setiap rumah warga diendus oleh Bento. Hingga akhirnya berhenti di kediaman Heri, di sana Bento sama sekali tidak mau pergi, ia hanya berkeliling saja di rumah tersebut.

Bento Anjing Pelacak Umum
Kanit Satwa Polda Sumsel AKP Hariyadi kepada Musirawas Ekspres menjelaskan, Bento adalah satu dari sembilan anjing pelacak di Polda Sumsel. Anjing jenis Golden ini dikatakan mantan Kasat Samapta Polres Lubuklinggau ini, khusus menjalankan tugas pelacakan umum (cakum).

Di Unit Satwa sendiri, ada beberapa jenis anjing yakni Rottweiler dan Labrador serta Golden salah satunya Bento. “Setiap anjing memiliki tugas berbeda-beda, ada yang pelacakan umum, khusus bahan peledak dan narkotika,” jelas Hariyadi.(ME-01)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More