15 Januari 2010

Penghuni Lokalisasi Diperkirakan Bertambah 25 Persen

LUBUKLINGGAU-Penghuni lokalisasi Patok Besi (PB)di Kelurahan Sumber Agung Kecamatan Lubuklinggau Utara I Kota Lubuklinggau diprediksi bertambah sekitar 25 persen. Sebagian penghuni berasal dari luar pulau Sumatera, sedangkan sisanya dari dalam Sumatera.

Berdasarkan data dimiliki Dinas Sosial (Dinsos) Kota Lubuklinggau hingga akhir Desember 2009, sebelum hari Raya Idul Fitri 1430 H lalu jumlah penghuni lokalisasi PB sekitar 80 orang.Namun setelah itu terjadi penambahan sekitar 20 orang pasca lebaran dan awal bulan Desember. “Ada kenaikan jumlah penghuni PB sekitar 25 persen dari tahun sebelumnya. Jumlah terbaru belum kita ketahui karena dalam waktu dekat akan dilakukan survei kembali,” ujar Kadinsos Kota Lubuklinggau, Edison Jaya, Kamis (14/1) kepada wartawan.

Menurutnya, sebagian besar penduduk lama dan baru lokalisasi PB didominasi dari luar pulau Sumatera, seperti Indramayu dan sekitarnya. “Ada juga yang berasal dari Bengkulu, Lampung serta Palembang. Mereka datang karena diajak saudara atau tetangganya yang kebetulan sudah terlebih dahulu mencari nafkah disana,” ujarnya.

Selama tahun 2009, Dinsos sudah mengalokasikan dana sekitar Rp.400 juta untuk memberikan pelatihan keterampilan serta peralatan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. “Sekitar 200 orang sudah kita didik keterampilan salon, menjahit, bengkel. Termasuk penghuni lokalisasi PB. Mereka juga dibantu peralatan mesin jahit dan peralatan salon untuk membuka usahanya. Jadi tidak dilepaskan begitu saja ketika sudah mengikuti pelatihan,” ungkap Edison.

Tahun ini, anggaran tersebut kembali dialokasikan sekitar Rp.500 juta. Artinya anggaran tersebut masih tetap memfokuskan pada pemberian program pendidikan dan pelatihan keterampilan. “Sebenarnya, semakin banyak dana yang dikucurkan berarti semakin banyak pula orang yang kurang beruntung dalam masalah perekonomian. Dan sudah menjadi salah satu tugas utama Dinsos untuk menekan angka tersebut,” pungkasnya. (ME-07)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More