25 Januari 2010

20 Hari Lagi, Syarat Dukungan Calon Independent Diserahkan

MUSI RAWAS-Peluang bakal calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati untuk mengikuti suksesi pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) tinggal 20 hari lagi. Apabila tenggang waktu tersebut tidak ada penyerahan dukungan untuk mencalonkan diri, dianggap calon independent tidak ada.

“ Tinggal 20 hari lagi, bagi balon independent untuk menyerahkan dukungan maju pada pemilukada 5 Juni 2010 mendatang,”kata Efriansyah ketua KPU Mura, melalui Nopriansyah, devisi tehnis, Minggu (24/1) kepada Musirawas Ekspres, melalui ponselnya.

Karena sesuai dengan tahapan bentuk dukungan berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) harus diserahkan pertengan Februari 2010 mendatang. Nah, apabila ada yang menyerahkan dukungan tersebut, maka 21 hari menjelang pembukaan pendaftaran balon bupati-wakil bupati syarat dukungan bagi calon independent tadi akan diveripikasi. Apabila berdasarkan veripikasi dianggap memenuhi syarat maka balon tadi bisa mendaftar. Sebaliknya apabila dari hasil veripikasi tidak memenuhi syarat tidak diperbolehkan mendaftar.

Ditambahkannya syarat untuk calon independent harus ada dukungan 24000 dukungan dalam bentuk KTP. Jumlah dukungan tersebut sesuai dengan hasil data DP4 yang saat ini jumlah penduduk kabupaten Mura.

Dikatakannya pembukaan jalur independent ini berdasarkan hasil dari kesepakatan rapat pleno anggota KPU, yang mengacu kepada peraturan perundang-undangan. Untuk jalur independent berdasarkan data Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilukada (DP4) yang diserahkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, sejumlah 600 ribu. Artinya balon dari jalur independent ini harus mengumpulkan dukungan dalam bentuk KTP sebanyak 24000 KTP. Pun juga dalam bentuk tanda tangan( Surat pernyataan dukungan). Persyaratan yang sudah ditentukan tersebut harus diserahkan pada saat pendaftaran ke kantor KPU Mura. “ Dan juga surat pernyataan itu harus dibuat diatas materai. Tapi tidak keseluruhan Cuma satu lembar surat pernyataan saja,”paparnya. (ME-07)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More