27 Januari 2010

Fraksi Gotong Royong Bentuk Koalisi Pemilukada

* Untuk Usung Balon Bupati-Wakil Bupati
MUSI RAWAS-
Suhu politik menjelang pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) Musi Rawas (Mura) mulai menggeliat. Indicator ini terlihat dari mulai berkoalisinya partai-partai peserta pemilihan umum (Pemilu) 2009 lalu.

Menariknya lagi fraksi yang terdiri dari gabungan beberapa anggota dewan dari berbagai partai sudah mulai melakukan koalisi untuk mengusung salah satu bakal calon (Balon) untuk mengikuti suksesi lima tahunan ini.

Seperti fraksi Gotong Royong yang terdiri dari berbagai partai mulai melakukan koalisi untuk mengusung sendiri balon yang akan maju mengikuti perhelatan akbar menjadi Mura I dan II.

Menurut ketua DPC Partai Bintang Reformasi (PBR) Mura, sekaligus ketua Fraksi Gotong Royong, Dedi Irawan, kepada Musirawas Ekspres, Selasa (26/1) diruang fraksi Gotong Royong mengatakan koalisi ini dijalin berdasarkan kesepakatan bersama antara anggota dewan yang tergabung dalam fraksi Gotong Royong. “ Koalisi ini sudah resmi karena sudah merupakan kesepakatan bersama antara anggota dewan yang masuk dalam fraksi Gotong Royong,”ungkapnya.

Nah setelah terjalin koalisi ini nantinya akan dibuat posko bersama untuk menerima pendaftaran balon Bupati-Wakil Bupati Mura nanti. Harus diketahui untuk balon yang akan diusung koalisi partai PBR, Partai Indonesia Sejahtera (PIS) dan Republikan, serta satu partai lagi kemungkinan Partai Bulan Bintang(PBB) harus ada komitmen mensejahterakan rakyat. Melalui sector perkebunan. Kenapa harus melalui sector perkebunan karena diwilayah Mura ini hamper 80 persen masyarakatnya mengandalkan hidup dari sector ini. Artinya ini harus diprioritaskan bagi balon yang akan diusung, kalau kita bicara masalah kesejahteraan rakyat. “ Komitmen dari koalisi ini nantinya akan ditawarkan ke balon-balon yang mendaftar,”tegasnya.

Kapan pembukaan pendaftaran? Politisi muda PBR ini mengatakan awal Ferbruari 2010 akan dibuka pendaftaran sembari membuka posko bersama. Kemungkinan untuk pendaftaran balon dan juga posko bersama akan dipusatkan di secretariat kantor DPC PBR jalan Yos Sudarso Kelurahan Majapahit Kecamatan Lubuklinggau Timur I. “ Setelah dibuka pendaftaran dan posko bersama, juga akan dibentuk tim penjaringan,”terangnya.

Koalisi ada berapa partai? Putra desa Lesung Batu Kecamatan Rawas Ulu ini mengatakan koalisi ini ada tiga partai yakni PBR ada tiga kursi, PIS satu kursi, Republikan satu kursi, satunya lagi PBB. “ Untuk PBB saat ini sudah dijalin komunikasi, mudah-mudahan keinginan untuk koalisi disambut baik,”ungkapnya.

Menyinggung masalah balon, Dedi menegaskan yang sudah melakukan pendekatan sudah ada dua balon diantaranya balon dari Jakarta tapi asli Mura. Namun demikian tim penjaringan masih tetap melakukan survey mengenai balon-balon yang mendaftar. Sebab walaupun Cuma koalisi, tetap menginginkan balon yang diusung menang. “ Mengenai nama-nama balon yang sudah mulai melakukan pendekatan dan menyatakan ingin mendaftar belum bisa diungkapkan saat ini,”imbuhnya.

Pada kesimpulannya nanti untuk penjaringan dan survey masing-masing partai dipersilahkan membentuk tim penjaringan masing-masing. Setelah itu akan dilakukan penilaian untuk menarik kesimpulan siapa-siapa yang akan diusung.(ME-07)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More