29 Januari 2010

Musim Hujan Waspada Penyakit Diare

LUBUKLINGGAU- Dinas Kehatan (Dinkes) Kota Lubuklingga mengingatkan kepada seluruh masyarakat diwilayah Kota Lubuklinggau untuk waspada wabah diare.

“ Meningat hingga saat ini Kota Lubuklinggau masih terus diguyur hujan sehinga masyarakat perlu waspada terhadap kemungkinan penyakit akan menjangkit,”pinta Kadinkes Lubuklinggau, Edi Chandra, kepada Musirwas Ekpsres seusai menghadiri pelantikan pejabat struktural di balai kota Lubuklinggau Kamis (28/1).

Menurutnya musim hujan saat ini tidak bisa diprediksi lagi sehingga masyarakat harus terus menjaga lingkungan, karena Kota Lubuklinggau ini merupakan daerah tinggi jadi dihimbau untuk jangan sampai ada genangan air dilingkungan rumah. “Sebab hal itu dapat menimbulkan bibit penyakit,” ungkapnya.

Lebih lanjut Edi candra mengatakan musim hujan saat ini rentan dengan penyakit diare atau dengan kata lain gastrointeritis, yang merupakan penyakit yang ditimbulkan dari pola hidup yang tidak sehat. Hal itu bisa di pengaruhi dari kebersihan lingkungan dan pola makan.

Untuk itu sebagai langkah antisipasi terhadap penyakit tersebut pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk tidak sembarangan menggunakan air, seperti air sungai yang banyak bercampur sampah. Selain itu dengan terus mengupayakan pola hidup bersih dan sehat yakni dengan melakukan 3M yakni menguras, membersihkan dan mengubur barang-barang yang dapat menyebabkan timbulnya bibit penyakit.

Akan tetapi Kota Lubuklinggau saat ini sudah dalam kategori memiliki pola hidup sehat yang baik sehingga pihaknya sudah memprediksi tahun depan Kota Lubuklinggau menjadi kota sehat. Hal itu dapat dilihat dari segi kesehatan, seperti posyandu yang saat ini sudah bisa diandalkan. Hal itu dibuktikan dengan saat ini posyandu sudah ada peningkatan dari 87 menjadi 99 posyandu yang ada dikota ini.

Selain itu untuk mencapai Lubukinggau sehat 2011 banyak kriteria yang akan dinilai oleh tim nantinya salah satunya adalah fasilitas umum seperti pasar, pengolahan sampahnya seli itu dari segi kesehatan seperti pengelolaan limbah puskesmas,”pungkasnya .

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More