28 Januari 2010

DPS Pemilukada 440.084 Orang

* DP4 Mura 440.715
MUSI RAWAS-
Setelah menerima Daftar Penduduk Potensial Pemilihan Pilkada (DP4) dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Komisi Pemilihan Umum (KPU) langsung gerak cepat melakukan pengecekan. Dari hasil pengecekan ternyata Daftar Pemilih Sementara (DPS) 440.084, atau berkurang 631 orang dari data DP4 sebanyak 440.715 orang.

Ketua KPU Mura, Efriansyah melalui devisi tehnis Nopriansyah ketika dikonfirmasi Musirawas Ekspres, Rabu (27/1) diruang kerjanya secara tersirat mengakui bahwa dari hasil pengecekan terjadi pengurangan pemilih sebanyak 631 pemilih dari DP4. “ Benar ada pengurangan pemilih sekitar 631 pemilih,”ungkapnya.
Dikatakannya berdasarkan DPS tersebut untuk pemilih laki-laki berjumlah 226.502 pemilih dan perempuan 213.582 pemilih dan jumlah pemilih pemula 53.294 pemilih.

Diakuinya jumlah tersebut kemungkinan akan ada pengurangan lagi. Karena DP4 yang diserahkan KPU sifatnya Cuma melakukan pengecekan. Sedangkan untuk pemilih ganda, pindah atau meninggal dunia belum dilakukan penghapusan. “ Kita baru mengecek saja, sedangkan untuk pemilih ganda, pindah dan meninggal belum dilakukan pengecekan,”tegasnya.

Nah kalau pemilih ganda, meninggal dunia dan pindah alamat juga ikut dicek di DP4 kemungkinan akan banyak lagi pengurangannya.

Kapan DPS diserahkan ke PPDP? Pria yang sedikit tambun ini mengatakan secepatnya DPS tersebut diserahkan ke anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) diwilayah masing-masing. Yang seterusnya nanti dari PPK diserahkan ke PPDP. Setelah sampai di PPDP, petugas langsung melakukan pengecekan ke lapangan. Pengecekan dilakukan untuk mengetahui pemilih ganda, meninggal dunia dan pindah alamat. “ Setelah dilakukan pengecekan oleh PPDP akan diketahui berapa banyak pemilih ganda, meninggal dunia dan pindah,”terangnya.

Perlu diketahui petugas PPDP ini akan dibentuk sama banyak dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS). Saat ini saja jumlah TPS mencapai 1206 TPS. “ Petugas PPDP jumlahnya sama dengan jumlah TPS,”jelasnya.

Berapa lama petugas PPDP melakukan veripikasi? Nopriansyah mengatakan petugas PPDP melakukan veripikasi pendataan pemilih dilapangan diperkirakan selama satu bulan. Setelah dilakukan pendataan hasilnya dilaporkan ke KPU. Kalau memang berdasarkan laporan ada perbaikan, akan dilakukan perbaikan. (ME-07)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More