28 Januari 2010

Usia 50 Tahun Keatas Rentan Darah Tinggi

LUBUKLINGGAU- Kecamatan Lubuklinggau Utara II bekerja sama dengan Badan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Puskesmas Megang melaksanakan layanan kesehatan dan KB gratis.

Kegiatan tersebut dipusatkan di kantor camat Lubuklinggau Utara I Rabu (27/1) diikuti oleh sedkitnya 50 warga setempat.

Menurut Ketua Unit pelaksana teknis pada kegiatan tersebut Juara Artini kepada Musirawas Ekspres mengatakan sedikitnya sebanyak 50 orang yang mengikuti pelayanan kesehatan ini,, diantaranya 30 peserta memasang implan, kemudian tiga orang suntik KB, tiga orang lagi diberikan Pil KB, seterusnya lima orang di beri kondom.

Menurut Juara Artini kegiatan tersebut merupakan salah satu program PKK dalam meningkatkan kesehatan masyarakat. Berdasarkan pemeriksaan dari seluruh peserta yang mengikuti program pelayanan kesehatan gratis tersebut hampir seluruhnya mempunyai keluhan hipertensi atau darah tinggi.

“Hal itu dipengaruhi oleh faktor usia, pola makan dan pola hidup yang kurang teratur sehingga berpotensi terhadap hipertensi ini,” ungkapnya.
Lebih lanjut Artini mengatakan semua yang mengikuti pelayanan kesehatan gratis tersebut rata-tara berusia diatas 50 tahun, makanya, ya itu tadi faktor usia lebih berpengaruh terhadap hipertensi.

“Untuk itu ketika seorang memasuki usia 50 tahun sebaiknya dapat lebih mengontrol makanan dan pola hidup,sehingga akan mengurangi potensi terhadap darah tinggi,” himbaunya.

Perlu diketahui kegiatan tersebut melibatkan bidan dan perawat dari Puskesmas Megang , pihak BKBPP Kota Lubuklinggau. Sementara dari Puskesmas Megang diketuai oleh perawat Eli Martini. Sedangkan dari kecamatan langsung diketuai oleh KUPTD Kecamatan Lubuklinggau Utara II. (CW-01)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More