16 Januari 2010

Kerusakan Jalan Simpang Satan Makin Parah

MUARA BELITI-Kerusakan Jalan Simpang Satan di Desa Tanah Periuk menuju Desa Air Satan Kecamatan Muara Beliti makian parah. Kondisi ini sudah terjadi sejak dua tahun terakhir tapi belum ada upaya perbaikan. Makana warga di dua desa tersebut meminta Pemkab Mura segera memperbaikinya.

“Jalan ini merupakan akses masyarakat Air Satan dan Satan Indah untuk melakukan aktivitas pertanian dan perekonomian. Pastinya sejak dulu akses ini menjadi jalan utama warga,” kata Rudi warga setempat kepada koran ini, Jumat (15/1).

Pantauan Musirawas Ekspres, jalan dari simpang Satan menuju Air Satan mengalami kerusakan sekitar 2 kilometer. Menurut masyarakat, usulan perbaikan jalan rusak sudah berulangkali dimusyawarahkan mulai dari Muserbang desa sampai kecamatan mengingat hal itu berdampak buruk terhadap kegiatan perekonomian desa.

“Sebenarnya warga merasa tak percaya jalan yang rusak ini berlangsung lama, karena daerah ini adalah sentra penghasil beras dan ikan,” ujarnya.
Saat ini jalan rusak itu masih bisa dilewati kendaraan bermotor roda dua dan empat, bahkan truk yang membawa hasil perkebunan, perikanan dan Pertanian. Namun, bila tahun ini tidak mendapat perbaikan diperkirakan jalan sudah sulit dilewati karena lobang semakin dalam dan panjang jalan yang rusak bertambah.

Selanjutnya kian parahnya kerusakan jalan penghubung dua desa itu mengakibatkan ribuan petani mengeluh dikarenakan berbagai hasil pertanian dari Bandar yang akan dijual ke pusat perdagangan dan tidak dapat diangkut secara cepat. Ini menyebabkan ongkos angkut naik.

Salah seorang warga mengatakan kerusakan jalan ini sudah terjadi hampir dua tahun dan dinilai sampai saat ini belum ada tanda-tanda dari Pemkab Mura melakukan upaya perbaikan jalan. Padahal warga yang mempergunakan jasa jalan ini hampir ribuan kepala keluarga yang dominasi petani.

Dikatakannya, akibat jalan rusak parah ini petani mengalami kerugian dalam menjual hasil-hasil pertaniannya dan hasil perikanan.
“Mengingat banyaknya kontribusi yang diberikan warga Air Satan, Pemkab Mura hendaknya segera memperbaiki jalan tersebut. Jangan masalah ini dibiarkan sampai berlarut-larut yang nanti bisa mengakibatkan dampak psikologis warga terhadap pemerintah,” pungkasnya. (ME-06)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More