26 Januari 2010

Raskin 2010 Sudah Mulai Didistribusikan

LUBUKLINGGAU- Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau telah mendistribusikan beras miskin (Raskin) kepada 11.770 Rumah Tangga Sasaran (RTS) diwilayah Kota Lubuklkinggau. Pendistribusiannya sudah dimulai sejak Senin (18/1) lalu. Masing-masing RTS tetap menerima 15 kilo gram.

Demikian diungkapkan Kepala Bagian Perekonomian Setda Kota Lubuklinggau Surya Darma kepada Musirawas Ekspres Senin (25/1) diruang kerjanya.

Dikatakan Surya pihaknya distribusi raskin ke RTS dilakukan melalui lurah di lingkungan Pemkot Lubuklinggau Senin (18/1) lalu. Menurutnya hingga saat ini seluruh kelurahan sudah mengusulkan permohonan kepada Badan Urusan Logistiok(Bulog) Kota Lubuklinggau meminta distribusi raskin tersebut.

Lebih lanjut Surya mengatakan pendistribusian raskin ini berdasarkan Keptususan Gubernur No.50/KPTS/2010 tentang penetapan pagu alokasi program bantuan beras untuk RTS Kabupaten Musi Rawas dan Kota se Sumatera Selatan 2010.

Keputusan Gubernur tersebut kata Surya ditindak lanjuti dengan keputusan Walikota No.57/KPTS/ADM.Eko/2010. Berdasarkan keputusan itu di minta kepada lurah dapat mengkoordinir warganya. Sebab untuk alokasi raskin tahun ini berbeda dengan tahun lalu. Dikatakannya sebenarnya distribusikan raskin Maret 2009 lalu akan tetapi untuk tahun ini kita distribusikan pada Januari, sehingga tidak terjadi penumpukan beras.

Selain itu raskin ini akan kita distribusikan hingga September 2010 mendatang. dimana tiap-tiap RTS akan mendapatkan 15 kg per, kemudian Oktober ada peningkatan menjadi 21 kg per RTM. Peningkatan itu dilakukan untuk pemerataan jumlah stok yang ada. “Sementara sisa dua bulan lagi akan dikoordinasi dengan pemerintah pusat terlebih dahulu apakah akan diteruskan atau tidak,” ungkapnya.

Perlu diketahui untuk raskin tersebut masyaratak bisa mengambil dengan harga Rp.1600 per kg. Hal itu menurut surya sebagai upaya ,menjaga harga dasar gabah dan beras pada tingkat penggilingan daerah sentra produksi. “Penetapan alokasi sasaran penerima program bantuan beras untuk RTM tahun 2010 agar di pertajam dan diutamakan dengan kelurahan yang sangat miskin pada daerah rawan pangan di daerah perkotaan yang benar-benar membutuhkan bantuan pangan berupa beras bersubsisi,” ungkap Surya.(CW-01)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More