28 Januari 2010

3.521 Linmas Siap Bantu Pengamanan Pemilukada Mura

Linmas yang Akan Dipersiapkan Membantu Pengamanan Pemilukada
No Lingkungan Personil Jumlah Total
1 277 desa/kelurahan 10 2.770 Orang
2 21 kecamatan 31 651 Orang
3 Kabupatan 100 100 Orang
Jumlah Keseluruhan 3.521 Orang

MUSI RAWAS-Pemkab Mura benar-benar mulai serius mempersiapkan segala sesuatu menjelang perhelatan pesta demokrasi lima tahunan memilih Bupati dan Wakil Bupati periode 2010-2015. Setelah Rabu (20/1) lalu sudah diserahkan anggaran dana untuk Pemilukada Mura 2010 kepada KPU Mura, langkah pendukung juga sudah mulai disusun.

Salah satunya dilaksanakan Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Maysarakat (Kesbangpolinmas). Dibawah kepemimpinan H Rudi Irawan yang baru dilantik beberapa hari lalu, Badan Kesbangpolinmas sudah mulai menyusun rencana persiapan kelancaran terutama pengamanan pelaksanaan Pemilukada 2010 mendatang.

Menurut Rudi, yang sedang mereka lakukan saat ini yakni mempersiapkan pembentukan atau perekrutan Linmas.

“Untuk mendukung lancarnya pelaksanaan Pemilukada Mura termasuk membantu aparat dalam menciptakan keamanan sesuai petunjuk akan dibentuk Linmas. Pastinya Linmas ini akan bertugas mulai dari desa sampai ke tingkat kabupaten,” papar Rudi. Secara keseluruhan direncanakan akan disiapkan 3.521 Linmas.

“Rincinya setiap desa akan ditempatkan 10 Linmas jadi keseluruhan untuk 277 desa/kelurahan di Mura disiapkan 2.770 Linmas. Sementara setiap kecamatan ditugaskan 31 Linmas sehingga untuk 21 kecamatan ada 651 Linmas,” papar Rudi. Sedangkan untuk tingkat kabupaten secara keseluruhan akan ditugaskan 100 orang Linmas.

Perekrutan Linmas ini nantinya menurut mantan Kabag Humas Setda Mura ini diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah terkait. Misalnya untuk desa datanya dari Kades sementara Linmas kecamatan dari Camat.

“Jadi dalam hal ini kita (Kesbangpolinmas) akan meminta data dari Camat dan Kades mengenai nama-nama yang akan diajukan menjadi Linmas desa/kelurahan dan kecamatan,” ungkapnya.

Selanjutnya setelah nama-nama Linmas didapatkan dan di SK-kan selanjutnya akan ada semacam pembekalan.

“Teknisnya kemungkinan ada perwakilan Linmas setiap desa, kelurahan, kecamatan dan kabupaten yang diundang untuk mengikuti pembekalan mengenai tugas yang akan dilaksanakan. Dengan demikian diharapkan keberadaan Linmas benar-benar optimal,” pungkasnya. (ME-02)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More