21 Januari 2010

Bambang: Hasil Rapat PAC Bukan Keputusan Final

MUSI RAWAS-Suhu politik seputar hasil rapat Pengurus Anak Cabang (PAC) untuk memilih ketua DPC PDI-Perjuangan Musi Rawas (Mura) periode 2010-2015 belum begitu reda. Terbukti ketua DPC PDI-Perjuangan Mura, Hj Ratnawati Ibnu Amin mengganggap bahwa rapat PAC belum merupakan keputusan final. Keputusan final akan dilaksanakan pada Konfrensi Cabang (Konfercab) PDI-Perjuangan nanti.
Demikian dikatakan Ketua DPC PDI-Perjuangan Mura, Hj Ratnawati Ibnu Amin didampingi ketua Relawan Demokrasi (Repdem) Bambang Eka Laya, kepada Musirawas Ekspres, Rabu (20/1) di kediamannya.

Karena belum final, kata Bambang maka hasil rapat PAC tidak bisa dinyatakan sebagai defacto maupun deyure (Hukum) sudah terpilih menjadi ketua DPC PDI-Perjuangan. Namun demikian untuk pemilihan ketua DPP PDI-Perjuangan melalui Konfercab yang merupakan rujukan PAC merupakan keputusan final.

Ditambahkannya mengapa bukan merupakan keputusan final, karena ada proses verifikasi dari Konfercab. Dan ini menjadi pembahasan di DPP PDI-Perjuangan. Selain itu juga saat rapat PAC lalu, ditemukan banyak kejanggalan-kejanggalan. Salah satunya rapat PAC banyak yang tidak diketahui ketua PAC.

Kemudian untuk permasalahan rapat, banyak rapat yang tidak quorum. Di Kecamatan Sumberharta, penandatanganan berita acara ditandatangani diluar rapat. Uniknya lagi yang menandatangani berita acara tidak mengikuti rapat PAC.

Rapat PAC Selangit juga tidak quorum, ketua ranting tidak dilibatkan. Menilik kenyataan itu jelas sudah melanggar aturan partai dan keabsahannya diragukan. Tidak itu juga ada tiga PAC bermasalah diantaranya PAC Jayaloka.

Dari kenyataan-kenyataan itu, sudah bisa disimpulkan hasil rapat PAC belum menjadi fakta bahwa sudah final. Tapi karena kita menghormati proses demokrasi sesuai dengan aturan partai, semua permasalahan akan dibahas dalam konfercab nanti. Perlu diketahui penandatangan diluar rapat itu sudah melanggar aturan partai, itu artinya rapatnya tidak sah.(ME-07)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More