19 Januari 2010

Rakor Perdana MB Bahas Isu Kesehatan

MUARA BELITI-Rapat koordinasi (Rakor) bulanan perdana Kecamatan Muara Beliti tahun anggaran (TA) 2010 memprioritaskan pembahasan isu pelayanan kesehatan yang ada di wilayah ibukota Kabupaten Mura, Senin (18/1). Camat Muara Beliti, Indra Bazid mengatakan Rakor yang dihadiri unsur Tripika Kecamatan, instansi, Kades, Lurah, Sekdes dan BPD menyepakati bidang pelayanan kesehatan akan lebih dimaksimalkan.

Salah satu rekomendasi yakni meminta Bidan Puskesmas melaksanakan koordinasi terhadap desa siaga 2009 serta melaporkan kegiatannya paling lambat 20 Januari 2010 untuk kemudian dilaporkan ke Dinkes Mura. Selanjutnya kata Indra Bazid, bidan desa membuat laporan pelaksanaan Desa Siaga dan Forum Desa Siaga setiap bulan dan diketahui camat paling lambat tertanggal 10 setiap bulannya.

Kemudian dilanjutkan Indra Bazid, pimpinan puskesmas diminta untuk pro aktif turun ke desa agar dapat melakukan pembinaan terhadap Puskesdes serta menghimbau Kades, tokoh masyarakat dan instansi agar lebih maksimal mendukung desa siaga.

“Pelayanan kesehatan di Kecamatan Muara Beliti akan diprioritaskan sesuai dengan hasil Rakor kemarin, khusus untuk Desa Air Lesing dan Satan Indah Jaya dihimbau segera membentuk forum desa siaga,” katanya.

Selain pelayanan kesehatan, bidang pemerintahan menjadi sorotan peserta Rakor bulanan Kecamatan Muara Beliti. Kades dihimbau untuk memfungsikan kantor desa dan melakukan pendataan kependudukan yang akan dilaporkan setiap tanggal 5 perbulannya.

“Budaya gotong royong Jumat bersih, membuat pagar dan memanfaatkan pekarangan rumah untuk apotik hidup nagi warga juga dibahas dalam rakor kemarin,” terangnya.

Ditambahkannya menjelang pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten dan kecamatan diharapkan Kantor Urusan Agama (KUA) untuk melakukan persiapan dengan pembinaan guru ngaji dan berkoordinasi dengan pihak kecamatan.

“Untuk memaksimalkan seluruh program kecamatan ini seluruh pihak diharapkan melaksanakan koordinasi agat terjalin hubungan komunikasi yang harmonis,” pungkasnya. (ME-06)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More