12 Januari 2010

Ridwan Mukti Berharap Sonny Gandeng Seterunya

*Hj Ratnawati Harus Mendapat Tempat Terhormat
MUSI RAWAS-Kemenangan de facto Sonny Rahmat Widodo sebagai ketua terpilih DPC PDI-Perjuangan Musi Rawas (Mura) periode 2010-2015 hasil rangkaian rapat PAC mendapatkan respon dari Bupati Mura, H Ridwan Mukti. Menurut Ridwan Mukti hasil dari semua itu menunjukkan alam demokrasi di PDI-Perjuangan sudah benar-benar berjalan.

“Sebagai Bupati Mura yang dicalonkan PDI-Perjuangan pada Pilkada Mura 2005 lalu saya menilai dari rangkaian rapat PAC yang pada akhirnya menghasilkan Sonny sebagai Ketua DPC PDI-Perjuangan secara de facto sudah berjalan cukup demokratis. Makanya saya menghimbau demokrasi di partai ini (PDI-Perjuangan) harus terus dikembangkan,” ungkap Ridwan Mukti diwawancara wartawan usai memimpin rapat evaluasi Forum Desa Siaga kemarin (11/1). Selain itu Ridwan Mukti mengingatkan kepada semua pihak akan bisa mematuhi demokrasi yang sudah dijalankan.

“Demokrasi harus tetap ditaati, jangan sampai ada upaya membumihanguskan kader partai. Dengan demokrasi yang sudah berjalan ini saya rasa PDI-Perjuangan akan menjadi semakin besar,” kata Ridwan Mukti yang masih belum mau memastikan dirinya akan kembali mencalonkan diri sebagai bupati Mura atau tidak dengan alasan menunggu peringatan dari DPRD mengenai habis masa jabatannya. Yang terpenting menurutnya jangan sampai dengan telah berjalannya demokrasi tersebut akan menimbulkan faksi-faksi atau bahkan menimbulkan perpecahan.

“Makanya saya menilai yang sekarang harus dilakukan khususnya Sonny adalah mencegah ancaman faksi-faksi tersebut,” katanya. Maksudnya walaupun berseteru Sonny ataupun figure calon pemimpin lainnya harus mampu mendandengnya demi kuutuhan dan upaya membesarkan partai.

“Sonny mulai saat ini harus bisa mengakomodir semuanya termasuk faksi yang mulai tumbuh berkembang,” tegasnya. Bahkan menurut mantan anggota DPR RI yang kini menjabat sebagai Wakil Bendahara Umum DPP Partai Golakr itu, Hj Ratnawati yang menjadi saingan Sonny dalam perebutan Ketua DPC PDI-Perjuangan harus diakomodir jika memang hasilnya sudah mantap, tidak ada perubahan lagi. Dikatakan Ridwan Mukti, Hj Ratnawati tetap harus diakomodir dengan ditempatkan di posisi yang terhormat.

Seperti diinformasikan sebelumnya, Sonny dinyatakan sebagai ketua DPC PDI-Perjuangan setelah mendapatkan dukungan 11 Pimpinan Anak Cabang (PAC) dari 21 PAC dalam wilayah Kabupaten Mura. Sedangkan seterunya Hj Ratnawati Ibnu Amin hanya mendapat dukungan dari 10 PAC. Namun demikian finalnya atau secara de jure baru akan diketahui dalam Konfercap DPC PDI-Perjuangan Kabupaten Mura akhir bulan ini.

Sonny Rahmat Widodo, dalam rangkaian rapat PAC mendapat dukungan penuh dari PAC Nibung, Rawas Ilir, Karang Dapo, Rupit, Karang Jaya, Megang Sakti, Muara Lakitan. Kemuaian Sukakarya, Sumber Harta, Selangit dan ST Ulu Terawas. Dimana untuk Karang Dapo, Rawas Ilir serta Sukakarya secara aklamasi memilih Sonny.

Pantauan Musirawas Ekspres saat rapat PAC yang dipusatkan di Desa Sukamenang Kecamatan Karang Jaya Sabtu (9/1), ada tiga PAC yang mengadakan rapat yakni Karang Jaya, Muara Rupit, Karang Dapo. Usai pimpinan rapat Darmadi Djufri, meminta pengurus mengadakan musyawarah, dan ternyata seluruh pengurus PAC Karang Dapo langsung menyatakan aklamasi mendukung Sonny Rahmat Widodo.

Sementara untuk rapat PAC Rupit dan Karang Jaya, pengurus meminta pemilihan melalui votting. Hasil votting yang dibacakan salah satu perwakilan PAC disaksikan Sonny Rahmat Widodo, Hj Ratnawati Ibnu Amin sebagai calon kandidat ketua dan Darmadi Djufri, untuk Rupit dimenangkan Sonny Rahmat Widodo dengan memperoleh 6 suara, sedangkan Hj Ratnawati Ibnu Amin mendapatkan 5 suara. Kemudian untuk Karang Jaya, Sonny Rahmat Widodo mendapat dukungan 7 suara, unggul dari Hj Ratnawati Ibnu Amin yang cuma mendapat dukungan 2 suara.

Koordinator Wilayah PDI-Perjuangan Mura-Linggau sekaligus perwakilan tugas DPD yang memimpin Rapat PAC, Darmadi Djufri, kepada Musirawas Ekspres, Minggu (10/1) melalui ponselnya mengatakan bahwa rapat kerja cabang (Rakercab) untuk wilayah Kabupaten Mura sudah dilaksanakan dengan aman. Pemilihan berjalan cukup demokratis, sehingga PAC menentukan siapa ketua DPC, ketua umum dan ketua DPD PDI-Perjuangan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Dalam rapat PAC tersebut dihasilkan bahwa seluruh PAC baik Kota Lubuklinggau maupun Mura tetap mendukung Hj Megawati Soekarno Putri sebagai ketua umum dan H Edi Santana Putra ST sebagai Ketua DPD PDI-Perjuangan Sumsel.

Kemudian untuk ketua DPC PDI-Perjuangan Mura, 11 PAC mendukung Sonny Rahmat Widodo, sedangkan 10 PAC yang mendukung Hj Ratnawati Ibnu Amin. Dari pemilihan tersebut secara de facto sesuai dengan surat keputusan DPP PDI-Perjuangan No 435 Sonny Rahmat Widodo dinyatakan sebagai ketua terpilih.

Lebih jauh ia mengatakan dari hasil tersebut untuk Konfercab nanti tidak boleh ada yang berubah, intinya harus sesuai dengan hasil pemilihan di tingkat PAC. Artinya saat konfercab secara de jure Sonny Rahmat Widodo sebagai ketua DPC PDI-Perjuangan yang baru.

“Untuk Konfercab kemungkinan akan dilaksanakan minggu III dan IV Januari 2010,” jelasnya. (ME-02/ME-07)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More