13 Januari 2010

Dinas PU Berjanji Akan Perbaiki Jalan Rusak

LUBUKLINGGAU- Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) berjanji akan memperbaiki jalan -jalan yang sudah mulai berlobang diwilayah Kota Lubuklinggau. hal itu dilakukan mengingat sudah banyak ruas jalan diwilayah Kota sebiduk semare seperti jalan Yos. Sudarso dan Jalan Jend. Sudirman sudah mengalami kerusakan .

Kepala Dinas Pekerjaan Umum kota Lubuklinggau Bahaluan kepada Musirawas Ekspres Selasa (12/1) mengakui bahwa pihaknya akan memperbaiki jalan- jalan yang sudah rusak terutama ruas jalan yang berlobang.

Akan tetapi untuk jalan Yos Sudarso Dinas PU masih harus izin dari Pemerintah Propinsi (Pemprop) Sumatera Selatan (Sumsel), karena Jalan Lintas tersebut milik Pemprop, sedangkan Pemkot Lubuklinggau dalam hal ini hanya sebatas pemeliharaan saja. “ Sehingga kita tidak bisa memperbaiki seluruhnya,”jelasnya.

Dijelaskannya selain jalan, gorong-gorong yang sudah mulai mampet sudah waktunya untuk di lakukan perehapan. Akan tetapi ya itu tadi dalam pengerjaan jalan maupun drainase jalan Lintas ini mesti melalui izin dari Pemprop Sumsel. Mengapa minta izin karena kewenangan Pemkot Lubuklinggau Cuma memperbaiki yang rusak saja. Sedangkan kalau perehaban berat sampai pembongkaran seluruhnya, itu adalah kewenangan dari Pemprop Sumsel.

Namun demikian Pemkot Lubuklinggau melalui Dinas PU tetap berupaya memperbaiki sementara menunggu perbaikan dari Pemprop Sumsel. “ Seperti drainase dan jalan- jalan yang berlobang sudah kita tindak lanjuti, meskipun hal tersebut belum masksimal,”tegasnya.

Dalam waktu dekat ini petugas dari Dinas PU akan memebersihkan lumpur yang ada didalam drainase di jalan Yos. Sudarso, mulai dari jalan Cereme hingga depan Ras Foto. “Sedangkan untuk drainase di jalan A. Yani kita juga akan upayakan segera,”janjinya.

Sementara itu mengenai macetnya draniase ini Bahaluan mengharapkan peran serta masyarakat supaya jangan membuang sampah di dalam siring. Sebab hal itu merupakan salah satu penyebab utama macetnya drainase tersebut, terlebih lagi dengan tumpukan pasir, seandainya masyarakat sadar dari awal kemungkinan tidak separah ini.

Mengenai jalan pembangunan pembatas jalan A .Yani yang mneyebabkan sebagian jalan banjir Bahaluan mengakui pembanguann pembatas jalan tersebut awalnya kurang memperhatikan lingkungan termasuk drainase, sehingga jika turun hujan sebagian ruas jalan tersebut mengalami kebanjiran.

" Kita akan upayakan segera menindaklanjuti permasalahan ini, akan tetapi semuanya butuh proses serta perencanaan yang jelas,” tegasnya. (CW-01)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More