11 Januari 2010

De- Facto, Sonny Ketua DPC PDI-Perjuangan Mura

* Ratnawati Dapat Dukungan 10 PAC, Sonny 11
* Di Linggau, Suyitno Dapat Dukungan Mutlak

MUSI RAWAS-Setelah melalui pemilihan yang cukup alot selama tiga hari, akhirnya Sonny Rahmat Widodo secara de facto terpilih menjadi ketua DPC PDI-Perjuangan Musi Rawas (Mura) periode 2010-2015. Sonny dinyatakan sebagai ketua DPC PDI-Perjuangan setelah mendapatkan dukungan 11 Pimpinan Anak Cabang (PAC) dari 21 PAC dalam wilayah Kabupaten Mura.

Sedangkan seterunya Hj Ratnawati Ibnu Amin hanya mendapat dukungan dari 10 PAC. Sementara di Kota Lubuklinggau, Suyitno mendapatkan dukungan penuh dari 8 PAC. Namun demikian finalnya atau secara de jure baru akan diketahui dalam Konfercap DPC PDI-Perjuangan Kabupaten Mura dan Kota Lubuklinggau akhir bulan ini.

Sonny Rahmat Widodo, dalam rangkaian rapat PAC mendapat dukungan penuh dari PAC Nibung, Rawas Ilir, Karang Dapo, Rupit, Karang Jaya, Megang Sakti, Muara Lakitan. Kemuaian Sukakarya, Sumber Harta, Selangit dan ST Ulu Terawas. Dimana untuk Karang Dapo, Rawas Ilir serta Sukakarya secara aklamasi memilih Sonny.

Pantauan Musirawas Ekspres saat rapat PAC yang dipusatkan di Desa Sukamenang Kecamatan Karang Jaya Sabtu (9/1), ada tiga PAC yang mengadakan rapat yakni Karang Jaya, Muara Rupit, Karang Dapo. Usai pimpinan rapat Darmadi Djufri, meminta pengurus mengadakan musyawarah, dan ternyata seluruh pengurus PAC Karang Dapo langsung menyatakan aklamasi mendukung Sonny Rahmat Widodo.

Sementara untuk rapat PAC Rupit dan Karang Jaya, pengurus meminta pemilihan melalui votting. Hasil votting yang dibacakan salah satu perwakilan PAC disaksikan Sonny Rahmat Widodo, Hj Ratnawati Ibnu Amin sebagai calon kandidat ketua dan Darmadi Djufri, untuk Rupit dimenangkan Sonny Rahmat Widodo dengan memperoleh 6 suara, sedangkan Hj Ratnawati Ibnu Amin mendapatkan 5 suara. Kemudian untuk Karang Jaya, Sonny Rahmat Widodo mendapat dukungan 7 suara, unggul dari Hj Ratnawati Ibnu Amin yang cuma mendapat dukungan 2 suara.

Koordinator Wilayah PDI-Perjuangan Mura-Linggau sekaligus perwakilan tugas DPD yang memimpin Rapat PAC, Darmadi Djufri, kepada Musirawas Ekspres, Minggu (10/1) melalui ponselnya mengatakan bahwa rapat kerja cabang (Rakercab) untuk wilayah Kabupaten Mura sudah dilaksanakan dengan aman. Pemilihan berjalan cukup demokratis, sehingga PAC menentukan siapa ketua DPC, ketua umum dan ketua DPD PDI-Perjuangan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Dalam rapat PAC tersebut dihasilkan bahwa seluruh PAC baik Kota Lubuklinggau maupun Mura tetap mendukung Hj Megawati Soekarno Putri sebagai ketua umum dan H Edi Santana Putra ST sebagai Ketua DPD PDI-Perjuangan Sumsel.

Kemudian untuk ketua DPC PDI-Perjuangan Mura, 11 PAC mendukung Sonny Rahmat Widodo, sedangkan 10 PAC yang mendukung Hj Ratnawati Ibnu Amin. Dari pemilihan tersebut secara de facto sesuai dengan surat keputusan DPP PDI-Perjuangan No 435 Sonny Rahmat Widodo dinyatakan sebagai ketua terpilih.

Lebih jauh ia mengatakan dari hasil tersebut untuk Konfercab nanti tidak boleh ada yang berubah, intinya harus sesuai dengan hasil pemilihan di tingkat PAC. Artinya saat konfercab secara de jure Sonny Rahmat Widodo sebagai ketua DPC PDI-Perjuangan yang baru.
“Untuk Konfercab kemungkinan akan dilaksanakan minggu III dan IV Januari 2010,” jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan kader PDI-Perjuangan, Awam Abdulah. Menurutnya setelah Sonny Rahmat Widodo mendapat dukungan 11 PAC mengalahkan Hj Ratnawati Ibnu Amin, maka yang bersangkutan sudah dikatakan sebagai ketua DPC PDI-Perjuangan Mura.
Mengenai Konfercab, Awam mengatakan karena sudah memenuhi persyaratan 50+1 dukungan PAC maka saat Konfercab nanti tidak ada masalah. Menurutnya Konfercab cuma mengumumkan bahwa Sonny Rahmat Widodo sebagai Ketua DPC PDI-Perjuangan 2010-2015.

“Tidak ada masalah lagi, sebab Sonny sudah mendapat dukungan 11 PAC, secara otomatis sudah terpilih menjadi ketua DPC PDI-P Mura,” ungkapnya.
Terakhir ia mengatakan sangat menghargai pendapat dan pilihan dari PAC. Walaupun saat pemilihan berbeda, kalau sudah menjadi keputusan menurutnya sudah menjadi keputusan partai.

*Suyitno Medapatkan Dukungan Aklamasi
Sementara itu untuk tampuk pimpinan DPC PDI-Perjuangan Kota Lubuklinggau kata Darmadi berkemungkinan akan disandang Suyitno. Karena dalam rapat PAC yang dilaksanakan kemarin (10/1) 8 PAC dalam wilayah Kota Lubuklinggau secara aklamasi mendukung Suyitno. (ME-07)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More