12 Januari 2010

Bupati Perintahkan PU CK Cek Seluruh Sarana Yankes

MUSI RAWAS-Masih adanya sarana pelayanan kesehatan (Yankes) mulai dari rumah sakit hingga Polindes di desa-desa yang kurang refresentatif sehingga tidak maksimal memberikan pelayanan mendapat perhatian serius Bupati Mura, H Ridwan Mukti. Tidak tanggung-tanggung Bupati langsung menginstruksikan agar semua sarana pelayanan kesehatan yang kurang refresentatif dibenahi.

“Untuk itu saya perintahkan Dinas PU Cipta Karya (CK) dan Tata Ruang untuk turun ke lapangan mengecek seluruh sarana pelayanan kesehatan yang ada tanpa terkecuali,” tegas Bupati saat rapat Forum Desa Siaga di Auditorium Pemkab Mura kemarin (11/1). Pastinya Dinas PU CK dan Tata Ruang dperintahkan untuk mendata seluruh Rumas Sakit, Puskesmas, Pustu, Puskesdes, Polindes dan pos-pos kesehatan lainnya hingga ke desa-desa.

“Data seluruh kondisinya saat ini. Buat rincian berapa rumah sakit, puskesmas dan Pustu serta pos kesehatan lainnya yang rusak dan berapa yang memang dalam kondisi refresentatif hingga bisa memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” tegasnya. Termasuk cek dan data sarana pendukung apa yang masih belum terpenuhi. Dengan demikian dilanjutkannya akan diketahui bagaimana kondisi real sarana pelayanan kesehatan di Kabupaten Mura.

“Dari data tersebut maka dapat disusun dengan cepat program perbaikan atau rehab seluruh sarana kesehatan pelayanan kesehatan. Intinya perbaikan dapat secepatnya dikerjakan, sebab untuk urusan pelayanan kesehatan tidak bisa ditunda. Kalau sarana kesehatannya saja minim bagaimana mau maksimal memberikan pelayanan kepada masyarakat,” katanya. Termasuk terhadap sarana pendukung yang belum memadai Bupati meminta agar secepatnya dipenuhi.

“Jadi dari urusan yang paling kecil harus benar-benar diperhatikan. Misalnya ada tidaknya kotak sampah juga harus diperhatikan. Ini sepele tapi wajib dipenuhi karena ini merupakan sarana pusat pelayanan kesehatan, jadi memang benar-benar nyaman serta juga akan jadi acuan masyarakat,” papar Bupati. Yang tidak kalah penting lagi dikatakan Bupati yakni infrastruktur dasar pendukung menuju ke sarana pelayanan kesehatan.

“Sebab saya masih mendapatkan laporan banyak Puskesmas, Pustu atau pos keehatan lain di desa-desa yang belum bisa dijangkau sehingga tak termanfaatkan secara maksimal. Penyebabnya karena akses jalan menuju ke sana tidak menunjang bahkan katanya malah belum ada akses jalannya. Naha kondisi yang begiilah yang harus didata serta cepat ditangani, jangan sampai masyarakat tidak bisa memenuhi hak mendapatkan pelayanan kesehatan secara optimal dari pemerintah,” pungkasnya. (ME-02)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More