13 Januari 2010

125 Koperasi akan Ditutup

*Akibat Vakum
MUSI RAWAS-Adanya dugaan ratusan koperasi fiktif atau hanys papan merk dibantah Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Diskop dan UKM) Kabupaten Mura, M Yamin. Namun dirinya tidak menapik adanya koperasi vakum alias yang tidak lagi aktif.

”Pada 2007 koperasi di Mura berjumlah 421 dari jumlah itu 125 yang vakum,” ungkap M Yamin. Sementara untuk koperasi yang baru terbentuk pada 2008 berjumlah 45 koperasi, sedangkan 2009 terbentuk 183 koperasi.  Untuk koperasi yang baru terbentuk pada 2008 dan 2009 ini, menurut M Yamin, pihaknya belum tahu persis jumlah pastinya.

“Kita akan melakukan pendataan dengan begitu baru dapat diketahui jumlah koperasi yang vakum,” jelasnya. Dilanjutkan M Yamin, pihaknya tidak bisa serta merta menutup koperasi yang sudah vakum. Namun untuk mencapai program 1.000 koperasi hingga 2010 pihaknya selain membentuk koperasi yang baru juga melakukan pembinaan terhadap koperasi yang sudah ada.

”Kita harapkan koperasi yang vakum ini dapat kembali eksis dengan cara melakukan reorganisasi,” ujar M Yamin. Soalnya salah satu faktor yang membuat vakumnya koperasi, menurut M Yamin, karena koperasi tersebut ditinggal pengurusnya.
“Misalnya pengurusnya pindah atau pengurusnya sudah tua, nah ini kita harapkan dapat diganti oleh anggotanya yang masih ada dan aktif,” kata Yamin.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Komisi II DPRD Mura bakal melakukan investigasi dan evaluasi terhadap program pembentukan 1.000 Koperasi yang dicanangkan Bupati Mura. Karena disinyalir dalam pelaksanaannya pembentukan Koperasi yang ada hanya sebatas papan merk alias fiktif. Selain itu, dari sekitar 700 koperasi yang sudah terbentuk hanya segelintir koperasi yang benar-benar aktif dan beroperasi.(ME-06)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More