20 November 2009

Bulog Menjamin Stok Beras Aman

* Tunggakan Raskin Segera Diselesaikan 
LUBUKLINGGAU-Badan Urusan Logistik (Bulog) Kota Lubuklinggau-Musi Rawas (Mura) menjamin bahwa stok beras untuk November-Desember 2009 cukup. Stok beras di perum Bulog untuk November sebanyak 800 ton. Sedangkan untuk Desember 2009 sudah disiapkan 1000 ton.

Menurut Staf Operasional Perum Bulog Lubuklinggau, Joko, ketika dikonfirmasi Musirawas Ekspres, Kamis (19/11) dengan persedian beras tersebut tidak mungkin akan ada kelangkaan beras diwilayah Kota Lubuklinggau maupun Mura. " Kita menjamin stok beras aman, tidak akan mengalami kelangkaan,"janjinya.

Dikatakannya stok beras tersebut bukan Cuma untuk November dan Desember 2009 tetapi juga persedian menyambut Hari Raya Idul Adha 1430 H. " Kita berharap masyarakat tidak perlu merasa khawatir karena menjelang Idul Adha 1430 H, bahkan menjelang akhir Desember 2009 persedian beras aman,"tegasnya.

Lain dari itu Joko mengatakan untuk masalah beras raskin (Raskin) masih ada yang menunggak pembayaran Raskin, yakni Kelurahan Ulak Surung Kecamatan Lubuklinggau Utara II, dengan tunggakan sebesar Rp 3.360.000,- dengan jumlah raskin 2.100 kg untuk alokasi Agustus 2009.

Dengan adanya tunggakan itu, ia berharap supaya secepatnya melunasi tunggakan. " Kami beri toleransi yang belum melunasi tunggakan raskin sampai akhir Desember 2009,"Imbuhnya.

Kedepan katanya Bulog akan memberikan raskin untuk masyarakat, apabila pihak kelurahan langsung membayar secara tunai. Karena mulai saat ini Bulog sudah menerapkan system cast dan carry atau system pembayaran secara tunai. Dengan pengertian ada uang ada barang. 

Hal senada diungkapkan Kepala Bagian Ekonomi Setda Kota Lubuklinggau Surya Darma, bahwasanya mulai November dan Desember mendatang, pihak Buloq akan memberikan Raskin dengan sistem cast and carry. Penerapan ini dilakukan supaya tidak terjadi lagi tunggakan pembayaran raskin.

"Supaya tidak terjadi penunggakan raskin yang cukup tinggi di tiap kelurahan-kelurahan, oleh sebab itu Buloq akan memberlakukan sistem Cast and Carry, yang diharapkan nantinya dapat menghindari tunggakan tadi" kata Surya.

Berdasarkan hasil rapat yang digelar Selasa (17/11) bersama pihak Buloq ada lima kelurahan yang masih menunggak raskin. Akan tetapi kata Surya kelima kelurahan tersebut pada saat rapat berlangsung, langsung melunasi tunggakan. 

Ke-lima kelurahan yang dinyatakan menunggak dan telah membayar tunggakan itu yakni Kelurahan Bandung Ujung Kecamatan Lubuklinggau Barat I untuk alokasi Agustus sebesar Rp. 8.9 juta, total raskin sebanyak 5.610 kg. Untuk Kecamatan Lubuklinggau Utara II, yakni kelurahan Ulak Surung tunggakan sebesar Rp 3.360.000,- dengan jumlah raskin 2.100 kg untuk alokasi Agustus. Selanjutnya pada wilayah Kecamatan Lubuklinggau Selatan I yakni Kelurahan Rahma sebesar Rp 4.104.000 dengan total raskin 2.515 kg untuk alokasi raskin September.

Kelurahan Perumnas Rahma sebesar Rp 2.424.000 total raskin 1.515 kg untuk alokasi raskin oktober, dan kecamatan Lubuklinggau Selatan II yakni Kelurahan Marga Rahayu sebesar Rp 4.560.000 total jumlah raskin 2.850 kg untuk alokasi oktober 2009.

" Keseluruhan kelurahan yang menunggak itu tadi sudah melunasi, jadi sampai 18 November 2009 kota Lubuklinggau tidak ada lagi tunggakan , hal itu karena sebelumnya kita bagian ekonomi membuat program setiap tri wulan, yakni programnya dengan mengundang lurah-lurah yang menunggak raskin, alhamdulilah dengan program itu sampai saat ini dapat dikatakan nol untuk tunggakan, jadi dengan demikian masyarakat dapat menikmati langsung hasil kinerja kita" jelasnya mengakhiri pembicaraan. (Cw-01)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More