19 November 2009

Baru Direhab, Tanggul Irigasi Di Eka Marga Jebol

LUBUKLINGGAU-Kualitas rehab tanggul irigasi yang berada di Kelurahan Eka Marga Kecamatan Lubuklinggau Selatan II patut dipertanyakan. Karena belumlah habis masa pemeliharaan tanggul untuk mengaliri persawahan masyarakat setempat sudah jebol. 

Imformasi yang didapat Musirawas Ekspres dari peetani setempat bahwa sebetulnya sawah milik warga belum diisi dengan air, karena belum memasuki musim tanam. Namun karena jebolnya tanggul tersebut sawah yang kering tersebut sudah terisi air. Dampaknya jelas akibat adanya air yang menggenangi persawahan aktivitas poertanian menjadi terganggu. Untuk itu petani berharap kepada pemerintah untuk segera memperbaiki tanggul yang jebol itu. Apalagi rehab tanggul tersebut baru dibenari oleh pihak ketiga. 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU), Bahaluan melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengairan PU, Kamin ketika diminta tanggapannya mengatakan belum mengetahui kalau tanggul yang terletak di Kelurahan Eka Marga Kecamatan Lubuklinggau Selatan II jebol. Untuk mengetahui kebenarannya, pihaknya akan melakukan pengecekan ke lapangan. “ Kami akan mengecek dulu kebenarannya kelapangan,”jelasnya.

Kalau memang berdasarkan hasil pengecekan, tanggul tersebut benar-benar jebol, maka pihaknya akan meminta kepada pihak ketiga untuk memperbaikinya. Karena rehab tanggul tersebut masih dalam masa pemeliharaan. 

 Untuk memperbaiki tanggul yang jebol tadi, pihak PU sudah menyiapkan dana sebesar Rp 50 juta untuk perbaikan, dengan dana swakelola.” Tapi anggaran keseluruhan untuk memperbaiki tanggul irigasi dalam wilayah Kota Lubuklinggau yang jebol sudah dianggarkan dana sebesar Rp 200 juta,”ungkapnya.(cw-01)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More