24 November 2009

PKS Bakal Dukung Calon Incumbent?

MUSI RAWAS-Kemungkinan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Musi Rawas (Mura) pada pemilihan umum kepala dearah (Pemilukada) 2010 mendatang akan mendukung salah satu calon incumbent. Sinyalemen ini terkuak setelah Majelis Pertimbangan Partai (MPP) DPD PKS Mura menyebutkan salah satu calon incumbent masih disukai masyarakat di akar rumput. 

MPP DPD PKS Mura, Suhari, ketika dibincangi Musirawas Ekspres, Senin (23/11) mengatakan untuk saat ini Tim Optimalisasi Musyaroqah (TOM) PKS belum menentukan mau mendukung calon bupati maupun wakil bupati. 

Bahkan beberapa hari lalu ketua dan sekretaris DPD PKS yang masuk dalam TOM dipanggil ke DPP PKS didepok. Dipanggilnya DPD PKS Mura kata Suhari sehubungan dengan pertemuan dengan DPP untuk membicarakan masalah dukungan terhadap calon pada pemilukada se-Sumsel.

“ Nah untuk hasilnya belum diketahui. Untuk tahunya hubungi saja ketua DPD PKS Mura, Supandi dan sekretaris,”anjurnya. 

Mengapa dipanggil, karena daerah-daerah lain yang akan menyelenggarakan pemilukada PKS sudah menentukan sikap. Cuma Mura saja PKS belum menentukan sikap. Mengapa belum ada, karena kesepakatan dan kontrak politiknya belum diselesaikan. Hal ini disebabkan karena calon-calon yang akan bertarung memperebutkan kursi Mura I dan II masih malu-malu.

Bukankah sudah melakukan jajak pendapat, jelas sudah diketahui siapa saja yang akan didukung, Suhari mengatakan sampai saat ini belum. Karena PKS juga melihat partai-partai lain juga masih malu-malu untuk menyatakan dukungan terhadap calon. Jajak pendapat sendiri masih harus dilakukan secara intensip lagi, karena TOM belum mendapat pendapat masyarakat diakar rumput.

Artinya secara survey belum dilakukan, cuma secara umum masyarakat menilai bupati Ridwan masih sangat popular dimasyarakat. Sekarang tinggal pesaingnya nanti dari Muratara, karena ada tokoh-tokoh Muratara yang sudah membicarakan masalah itu.

Apakah dukung incumbent? Suhari mengatakan belum jelas karena belum ada kontrak politik. Kalau kita mengatakan siapa-siapa saja yang didukung kontraknya belum ada. “ Kita akan menyatakan mendukung apabila calon yang didukung tadi sudah menandatangani kontrak politik,”tegasnya. 

Point kontrak politik yang diajukan masih akan dibahas dengan DPP. Tapi secara umum untuk kontrak politik ini yakni moralitas dan normative. (ME-07)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More