20 November 2009

Diserang Hama Puluhan Hektar Sawah Gagal Panen

SUMBER HARTA-Puluhan hektar sawah di Desa Sumber Jaya Kecamatan Sumber Harta gagal panen. Kondisi yang membuat petani mengalami kerugian ini disebabkan padi yang sudah menguning ternyata tidak berisi diserang hama misterius. Maksudnya tidak diketahui secara pasti jenis hama yang memuat padi kosong.

“Panen kedua 2009 ini produksi padi kami menurun karena padi yang dipanen ini tidak berisi,” kata Har (35) warga Desa Sumber Jaya. Dilanjutkannya, tak kurang sepuluh hektar lebih areal persawan di desanya yang saat ini gagal panen karena padi yang sudah menguning tidak memiliki isi sehingga hasil produksi menjadi menurun. Padahal menurutnya pada setiap musim panen dalam satu hektarnya mereka menghasilkan gabah 60 hingga 70 karung namun dengan tidak berisinya padi tersebut mereka hanya menghasilkan 30 hingga 35 karung.

Sedangkan penyebab tidak berisinya padi tersebut mereka tidak tahu diserang hama jenis apa. Karena menurunya bibit yang di tanam sama dengan bibit yang serting mereka tanam sedangkan untuk perawatannya juga sama seperti musim tanam sebelumnya.

Hal ini menyebabkan mereka kesulitan memulai musim tanam berikkutnya karena kesulitan biaya tanam maupun untuk mencukupi biaya sehari hari.

“Kami sangat kesusahan karena gagal penen ini dan tidak tau apakah pada musim depan dapat meannam kembali atau tidak,” katanya.

Hal yang sama juga dikeluhkan Amin (35). Menurutnya areal persawahan miliknya seluas satu hektar juga gagal panen karena padi yang di panen rusak dan tidak berisi.

“Kita tidak tahu apa penyebab padi yang sudah masak ini tidak berisi,” katanya.

Ditambahkan Amin mereka sudah mengarap sawah ini sama seperti musim tanam sebelumnya dengan perawatan maksimal, mulai dari pemberian pupuk hingga penyemprotan rcun hama, namun hasil yang didapat kali ini sangat mengecewakan.

Untuk itu mereka mengharapkan kepada pemerintah untuk dapat membatu baik berupa bibit maupun biaya penggarapan lahan pada musim tanam berikutnya. (ME-06)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More