16 November 2009

Rumah Pjs Kades Madang Dibakar

*2 Sepeda Motor Gosong
*Camat : Tidak Ada Istilah Damai
SUMBER HARTA- Suhu politik di Desa Madang menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) kembali memanas. Setelah permasalahan Panitia Pilkades selesai, Minggu (15/11) rumah Pjs Kades Madang, Reni, diduga dibakar yang mengakibatkan seluruh isi di ruang tamu termasuk dua unit sepeda motor dan peralatan kantor gosong terbakar. Dugaan sementara kejadian tersebut ada sangkut pautnya dengan rencana Pilkades di desa tersebut.

Salah seorang warga bernaman Suharto saat diwawancarai Musirawas Ekspres membenarkannya.

“Tampaknya ini penyakit lama yang kambuh lagi. Tapi tampaknya bukan dilakukan oleh pendukung dari dua Calon Kades yang akan bersaing dalam Pilkades, namun ada pihak tertentu yang coba memprovokasi,” kata Suharto kepada Musirawas Ekspres kemarin (15/11).

Tapi menurut Suharto mereka bisa memastikan kalau memang rumah Pjs Kades dibakar orang bukan terbakar dengan sendiri.

“Sebab ciri-cirinya demikian. Api pertama kali terlihat di pintu depan yang tampaknya sudah diberi minyak. Selain itu api cepat menyebar ke sekeliling rumah yang juga tampaknya sudah disiram dengan minyak bensih dicampur oli,” cerita Suharto.

Yang lebih meyakinkan lagi, menurutnya ada bekas talapak kaki orang berlari dari arah api tersebut.

“Selain itu tali jemuran yang terbuat dari kabel tembaga putus, tampaknya ditabrak orang yang membakar rumah saat berlari meninggakan rumah Pjs Kades yang sudah terbakar,” katanya.

Secara terperinci diceritakan Suharto, kejadiannya belum terlalu larut tepatnya sekitar pukul 23.00 WIB. Bahkan saat kejadian pemilik rumah dalam hal ini Pjs Kades belum tidur.

“Untungnya bu Kades belum tidur waktu kejadian, jadi api hanya membakar ruang tamu karena cepat diketahui sehingga warga cepat bahu membahu membantu memadamkan api. Waktu itu api diduga dari pintu depan yang terbuat dari kayu. Karena diduga sudah disiram dengan minyak api begitu cepat membesar dan membakar isi rumah bagian depan atau ruang tamu,” cerita Suharto.

Saat api mulai membesar Pjs Kades mengetahuinya dan langsung meminta pertolongan warga. Warga pun langsung berdatangan dan cepat mencoba memadamkan api dengan peralatan seadanya. Dalam waktu cepat api bisa dipadamkan tidak sampai membakar seluruh bagian rumah.

Tapi tetap saja akibat kebakaran tersebut banyak kerugian yang dialami Pjs Kades. Karena dua sepeda motor miliknya dan beberapa peralatan kantor seperti mesin tik yang berada di ruang tamu terbakar dan tidak terselamatkan.

*Camat Langsung Rapat

Camat Sumber Harta, H Suryadi NZ kepada Musirawas Ekspres membenarkan kejadian dugaan pembakaran rumah Pjs Kades Madang tersebut.


“Api muncul dari arah pintu depan. Waktu itu Pjs Kades melihatnya dan langsung meminta bantuan warga untuk memadamkannya,” ungkap Camat menyampaikan kronologis kejadian.

Diakuinya besar dugaan rumah Pjs Kades yang merupakan Sekds Madang tersebut dibakar oleh oknum tertentu. “Tapi sejauh ini belum diketahui siapa pelakunya. Yang pasti pihak kepolisian sudah mulai mengusutnya,” ungkap mantan Sekretaris Dispora Mura itu.

Mengenai terbakarnya dua sepeda motor milik Pjs Kades yang diketahui masih lajang dan merupakan anak yatim itu menurut Camat karena lokasinya sangat dekat dengan sumber api. Menurutnya dua sepeda motor tersebut berada dekat dengan pintu depan.

“Selain itu dua sepeda motor itu juga dekat dengan kursi yang mudah terbakar. Jadi diduga api dari pintu depan langsung cepat membakar kursi serta sepeda motor dan semakin besar akibat bensin yang ada di sepeda motor terbakar. Pokoknya bagian dalam ruang tamu terbakar termasuk kusen atau kayu-kayu atap rumah,” katanya.

Camat juga membenarkan kemarin Bupati sudah meninjau lokasi kebakaran serta memberikan wejangan kepada masyarakat Madang agar tidak terprovokasi dan tetap menjaga keamanan sera ketertiban.

“Setelah kunjungan Bapak Bupati kami langsung menggelar rapat di Gedung SD Negeri Madang,” tegas Camat.

Dari rapat tersebut didapatkan beberapa kesimpulan.

“Diantaranya menjaga Desa Madang tetap kondusif tentunya dengan melibatkan masyarakat. Yakni dengan menggiatkan Siskamling guna menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan,” paparnya. Selain itu juga mereka akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian agar peristiwa ini diungkap secara tuntas dan juga polisi juga diminta untuk memberikan perhatian keamaman di Desa Madang.

“Selain itu seperti halnya disampaikan Bapak Bupati dalam permasalahan ini tidak ada istilah damai. Semuanya harus diungkap secara tuntas,” tambahnya. Mengenai adanya keterkaitan Pilkades dengan peristiwa tersebut Camat belum bisa memastikannya. Hanya saja dibenarkannya Desa Madang akan segera melaksanakan Pilkades.

“Tapi jadwal pastinya belum ditetapkan, sejauh ini masih tahapan pemberkasan calon. Dalam hal ini ada dua Calon yang akan mengikuti Pilkades yakni Indra Gunawan dan Latif Akil,” katanya.

*Hari Ini Korban Diperiksa

Kapolres Musi Rawas AKBP Herry Nixon’s melalui Kapolsek STL Ulu Terawas AKP Armansyah ketika dikonfirmasi Musirawas Ekspres terkait kebakaran tersebut menjelaskan pihaknya masih menyelidiki penyebabnya.

“Secara resmi belum ada laporan, namun mengetahui kejadian tersebut kami langsung meluncur ke lapangan,” jelas Kapolsek.

Mengenai penyebab kebakaran Kapolsek mengaku pihaknya belum bisa memastikan karena masih dalam proses penyelidikan.

“Penyebabnya belum kami pastikan. Hanya saja berdasarkan hasil penyelidikan sementara di lapangan, ada dugaan rumah Pjs Kades sengaja dibakar oleh seseorang,” jelasnya.

Apalagi ada informasi sebelumnya terlihat ada yang menyiramkan bensin menggunakan jerigen di depan rumah korban. Namun dalam hal ini korban belum diperiksa, makanya belum bisa pastikan siapa yang melihat ada orang menyiramkan bensin tersebut.

Sementara itu mengenai motifnya, Kapolsek mensinyalir karena persoalan pemilihan kepala desa (Kades), apalagi dalam waktu dekat akan ada pemilihan kades di sana. “Kalau dugaan kami pemicunya adalah masalah pemilihan kades apalagi korban Rini juga menjabat PJS Kades,” jelasnya.

Ditambahkan Kapolsek, soal pemilihan kades kini ada dua orang yang siap bertarung. Calon pertama adalah Indra Gunawan, mantan kades, sedangkan calon satu lagi Latif Akil yang sebelumnya juga pernah menjadi Pjs Kades. (ME-02/ME-01)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More