17 November 2009

Dinas PU CK Pastikan Masjid Agung Bisa Dimanfaatkan

*Saat MTQ Sumsel di Mura Tahun Depan

MUSI RAWAS-Tahun depan (2010) tepatnya saat pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Sumsel, Masjid Raya Kabupaten Mura di Simpang Empat Jalan Poros Agropolitan Center dipastikan bisa dimanfaatkan. Penegasan tersebut disampaikan Kepala Dinas PU Cipta Karya (CK) dan Tata Ruang, Karyasid saat dikonfirmasi Musirawas EKspres kemarin (16/11).

“Pokoknya kita targetkan saat pelaksanaan MTQ Sumsel 2009 dimana Kabupaten Mura menjadi tuan rumah Masjid Raya di Kecamatan Muara Beliti yang berada dalam area pelaksanaan MTQ nantinya sudah bisa dimanfaatkan,” tegas Karyasid. Dalam hal ini Masjid bisa digunakan untuk shalat seluruh peserta MTQ khususnya dan masyarakat luas. Makanya untuk mencapai target tersebut sejauh ini pengerjaan pembangunan Masjid Raya terus dikebut.

“Untuk saat ini pengerjaan kubah hampir selesai. Jadi untuk atap secara keseluruhan khususnya kubah dipastikan selesai saat pelaksanaan MTQ. Termasuk lantai baik lantai satu maupun dua,” katanya. Khusus untuk lantai satu menjadi prioritas utama, dan jika memungkinkan lantai dua juga bisa dikerjakan dengan cepat.

“Jika lantai satu dan dua bisa selesai, maka untuk lantai satu nantinya bisa digunakan untuk shalat bagi peserta MTQ sedangkan lantai dua untuk kegiatan pendukung MTQ nantinya,” papar Karyasid.

Selain itu juga Dinas PU CK mempercepat pembangunan beberapa sarana pendukung khususnya untuk ibadah shalat lima waktu di Masjid Raya tersebut. Yang paling utama yakni tempat wudhu dan juga sarana pendukung lainnya.

“Untuk pelataran parkir akan memanfaatkan halaman Ruko (rumah toko) yang ada di kawasan Agropolitan Center,” katanya.

Sebab Ruko sendiri menurutnya akan digunakan untuk kegiatan mendukung MTQ tingkat Sumsel tersebut.

“Jadi dalam hal ini pelataran parkir di Ruko akan dipermanenkan. Ini penting untuk menghindari kumuh. Sebab sejauah ini masih berbentu lapangan tanah dan jika hujan maka terlihar kurang bagus. Makanya pelataran parker akan dibuat permanent,” pungkasnya. (ME-02)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More