16 November 2009

Jembatan Gantung Muatan 20 Ton Siap Dibangun

MUARA BELITI- Jembatan gantung yang mampu menahan beban sebarat 20 ton di Desa Muara Beliti Baru Kecamatan Muara Beliti siap dibangun. Keberadaan jembatan gantung ini diharapkan mampu menciptakan percepatan perekonomian serta menghidupkan agro wisata di kawasan itu selain sebagai jaminan kokohnya akses penghubung tersebut.

Demikian disampaikan Camat Muara Beliti Indra Bazid di sela-sela peletakan batu pertama pembangunan jembatan gantung Muara Beliti Baru Sabtu (14/11). Kegiatan tersebut dihadiri tokoh masyarakat, Konsultan PNPM, Forum PNPM, Tim Pelaksana Kegiatan (TPK), Kades Muara Beliti Baru, dan Fasilitator tehnis.

Dikatakan Indra Bazid, jembatan gantung sepanjang 80 meter diperkirakan akan menghabiskan dana sebesar Rp 257.127.350 dengan rincian 20 persen alokasi APBD dan 80 persen APBN dengan masa pengerjaan selama 3 bulan. Dilanjutkannya, dukungan masyarakat terhadap pembangunan jembatan gantung sangat diharapkan, sebab letak jembatan gantung sangat strategis untuk pengembangan wilayah dan peningkatan perekonomian dari sektor pertanian.

“Informasi yang saya dengar salah seorang warga Muara Beliti Baru, Bainudin siap menghibahkan tanahnya selebar 4 meter untuk dimanfaatkan sebagai jalan menuju kawasan wisata Air Terjun Desa Air Satan. Artinya ke depan jembatan gantung ini dapat dijadikan sarana dan prasarana yang dapat mengtungkan warga setidaknya mampu mendatangkan kontribusi desa,” terangnya.

Untuk itu, lanjut Indra Bazid kewajiban berupa pembayaran PBB harus dipatuhi warga sebab dari pajak yang dibayarkan nantinya kembali akan diberikan kepada desa untuk dialokasikan terhadap pembangunan infrastruktur desa.

“Tolong kesadarannya untuk membayar PBB, karena pajak PBB yang dibayarkan akan membantu biaya pembangunan di desa. Kita patut bersyukur upaya Bupati Mura mengambil dana bantuan pusat untuk daerah telah menunjukkan hasil, jika hanya mengandalkan pajak PBB, pembangunan di Mura ini tidak akan berhasil,” terangnya.

Sementara itu, fasilitator Tehnis Jembatan Gantung Fatoni mengatakan sling kontruksi jembatan gantung akan mampu menahan beban seberat 15 hingga 20 ton. Selain itu dari bahan yang digunakan mampu bertahan hingga beberapa tahun.

Konsultan PNPM Mura, Habib mengatakan pembangunan jembatan gantung Muara Beliti Baru nantinya akan dijadikan barometer pembangunan PNPM di Mura karena keberhasilan pembangunan akan contoh bagi 20 kecamatan lainnya.

“Yang jelas kami menjamin tidak akan terjadi kebocoran dana, kami minta camat dan seluruh eleman masyarakat turut mengawasi pembangunan ini,” terangnya.

Hal yang sama dikatakan Ketua TPK, Rosidi. Dikatakannya untuk pembangunan jembatan gantung ini pihaknya menerapkan sistem manajeman terbuka, artinya alokasi dana siap untuk diaudit kapan pun karena akan memperdayakan seluruh masyarakat.

“Jembatan ini untuk kepentingan masyarakat, dari dana TPK terkumpul Rp 49.870.000,” terangnya. (ME-06) 

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More