05 April 2010

Kelanjutan Jalan Tembus Megang Sakti-Lubuk Tua Ditunggu

*Rusak Akibat Sering Dilewati Truk Sawit dan Tambang
MUSI RAWAS–
Warga di berapa kecamatan yang memanfaatkan jalan tembus dari Kecamatan Megang Sakti menuju Desa Lubuk Tua Kecamatan Tuah Negeri mengharapkan agar Pemkab Mura melanjutkan pembangunan jalan alternatif tersebut. Pasalnya keberadaan jalan sangat mendukung peningkatan perekonomian warga khususnya di sektor pertanian dan perdagangan.

Desakan kelanjutan pembangunan jalan alternatif ini menyusul kian parahnya kerusakan jalan akibat sering dilalui truk pengangkut sawit dan galian C (tambang, red). Pembangunan jalan tembus ini sendiri telah dimulai sejak 2008 lalu, namun diduga kurang mendapat pengawasan dari pihak terkait, terbukti jalan tersebut rusak sebelum waktu yang diharapkan. Salah seorang warga Muara Kelingi, yang sering bahkan rutin memanfaatkan jalan tersebut, Nawi kepada koran ini mengatakan rusaknya jalan tersebut menghambat arus tranportasi serta rutinitas warga yang berniat mempersingkat waktu.

“Jalan itu sudah lama rusak parah dimana sudah terjadi pada awal 2009 lalu, banyak mobil yang terjebak di sana karena lumpurnya sangat dalam. Padahal jalan tersebut sangat membantu warga untuk mempersingkat jarak tempuh,” kata Nawi. Selama menggunakan jalan tersebut, ia sering menemui truk dengan muatan yang cukup berat, terutama truk pengangkut sawit dan truk pengangkut galian C sehingga mamperparah kerusakan jalan.

“Jalan itu sering dilalui truk sawit dan pengangkut batu koral, warga tidak tahu apakah itu dibenarkan atau tidak oleh pemerintah. Warga tidak berani bertindak karena menurut sopir truk, mereka sudah mengantongi izin resmi untuk melintas dijalan itu,” katanya.

Menyikapi kondisi itu, warga mengharapkan perhatian serius dari Pemkab Mura terkait kerusakan jalan setidaknya dapat mengambil langkah guna pencegahan kerusakan yang lebih parah.

“Padahal jalan itu baru dibangun, tetapi sudah banyak mengalami kerusakan, warga mengharapkan Pemkab Mura untuk memperbaiki agar lalu lintas warga tidak menemui hambatan,” harapnya. (ME-06)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More