03 April 2010

Bulan Ini Masjid Agung Dimanfaatkan

*Dijadikan Lokasi MTQ Sumsel
MUSI RAWAS-
Pembangunan Masjid Agung Kabupaten Musi Rawas (Mura) yang terletak di kawasan pusat pemerintahan serta Agropolitan Center (AC) direncanakan 2011 mendatang selesai dikerjakan. Namun 2010 tepatnya bulan ini (April) kawasan Masjid Agung akan mulai digunakan tepatnya untuk penyelenggaraan MTQ tingkat Provinsi Sumsel.

“Pembangunan masjid dengan anggaran Rp 48 milliar dari APBD merupakan icon daerah ini dan menjadi salah satu masjid terbesar yang ada di Sumsel. Pada 2010 ini akan dijadikan lokasi penyelenggaraan MTQ tingkat Provinsi Sumsel,” kata Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Mura, Karyazid Helmi. Dikatakannya, Masjid Agung yang dibangun di atas tanah seluas 6 hektar dengan luas bangunan induk 63 x 63 meter persegi nantinya akan dibangun dua tingkat dengan dua menara setinggi 50 meter yang mengapit bangunan induk. Masjid ini diharapkan nantinya mampu menampung 5.000 jemaah. Bangunan itu sendiri, didesain secara khusus melalui sayembarakan 2006 lalu.

Dilanjutkannya, untuk tahap pertama pada 2007 berupa pengerjaan fondasi dengan menggunakan tiang panjang, pembangunan slop dibangunan induk dengan besaran anggaran Rp 25 Milliar. Selanjutnya pada tahun kedua 2008 untuk pengerjaan pembuatan pilar utama dengan diameter 1,2 meter sebanyak 8 buah, pembuatan pilar dengan diamter 90 cm sebanyak 122 buah dan kolong selasar sebanyak 72 buah menelan dana Rp10 M dan untuk tahun 2009 tahap ke III, pengerjaan bangunan induk dan landscape. Sedangkan besaran biaya pada tahun 2010 untuk finishing (penyelesaian perkerjaan), dilihat dari perkembangan penyelesaian pekerjaan.

Masjid Agung Mura berada persis di tengah-tengah kawasan Pusat Pemerintahan dan Agropolitan Center yang menjadi pendukung utama pencanangan Musi Rawas Darussalam yang digagas Bupati Mura H Ridwan Mukti. Dimana di dalam kawasan tempat ibadah umat Islam ini, akan dilengkapi dengan sarana pendukung lainnya seperti, perpustakaan, gedung TPA, kantor, taman, fasilitas parkir dan fasilitas lainnya.

“Mudah-mudahan ini akan cepat selesai, sehingga nantinya pada tahun 2010 sudah bisa dipakai untuk lokasi MTQ tingkat provinsi Sumsel yang dipusatkan di daerah ini,” urainya seraya menambahkan, lokasi bangunan masjid berada di Desa Muara Beliti Baru, Kecamatan Muara Beliti persis ditepi Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum), dan di bagian utara dengan sungai Kelingi. (ME-06)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More