23 Februari 2010

Warga Rupit Minta Pemerataan Pembangunan

*Minimal satu Desa Satu Proyek
RUPIT-
Masyarakat Kecamatan Rupit melalui Kades (Kepala Desa), BPD (Badan Permusyawaratan Desa) dan tokoh masyarakat kompak mengharapkan adanya pemerataan pembangunan khusus untuk APBD (Anggaran Pendapatan Belanda Daerah) 2011 mendatang. Hal ini terungkap dari pelakasaan Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) tingkat Kecamatan Rupit Senin (22/2).

Menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Mura, H Hendra Gunawan pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Rupit sukses dilaksanakan dan cukup aspiratif. Maksudnya masyarakat melalui Kades menyampaikan aspirasinya dalam upaya penyusunan rencana pembangunan dan anggaran 2011 mendatang.

“Salah satu usulan yang hampir seragam disampaikan Kades di Rupit yakni pemerataan pembangunan. Maksudnya para Kades meminta ke depan khususnya tahun anggaran 2011 mendatang pembangunan dilaksanakan sesuai skala prioritas. Minimal satu desa dapat satu proyek pembangunan yang tujuannya untuk kepentingan masyarakat,” tegas Hendra.
Ini disampaikan karena tahun-tahun sebelumnya terkesan ada penumpukan kegiatan di salah satu desa tertentu.

“Usulan ini tentunya sangat penting dan selanjutnya akan menjadi acuan dalam penyusunan rencana pembangunan. Makanya nantinya setiap desa diupayakan mengajukan usulan dan sesuai skala prioritas diupayakan untuk dipenuhi, yakni itu tadi minimal satu desa mendapatkan satu program pembangunan,” ungkap Hendra.

Selain itu Hendra juga mengungkapkan dalam Musrebang tersebut usulan pembangunan infrastruktur jalan dan sarana penunjang perekonomian masyarakat tetap dominan. Dan masyarakat juga menyambut baik upaya Musrenbang yang tidak lagi hanya sekedar seremonial saja namun bisa langsung sharing dan berdiskusi mengenai harapan masyarakat dan beberapa skala prioritas pembangunan di masing-masing desa. (ME-02)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More