27 Februari 2010

Semburan Gas Muncul di Pangkalan Tarum

MUSI RAWAS–Bencana banjir di Desa Pangkalan Tarum Kecamatan BTS Ulu pekan lalu menyisakan rasa was-was warga setempat. Pasalnya salah satu sumur warga Pangkalan Tarum diduga telah menyemburkan gas. Kondisi tersebut cukup menarik perhatian warga dan Pemkab Mura.

Alimun Hakim (38), pemilik sumur mengungkapkan kronologis kejadian berawal adanya semburan kecil dari dasar sumur sedalam 11 meter miliknya dan terdengar suara gemuruh.

“Adanya suara mengundang perhatian warga desa untuk mellihat keanehan di dalam sumur sebab baru kali pertama terjadi akibatnya pihaknya takut untuk mengkonsumsi air sumur untuk keperluan sehari–hari meskipun hingga saat ini belum membahayakan,” katanya.
Dilanjutkannya, sumur yang dibangun dari program pemerintah 2009 lalu untuk saat ini tidak dimanfaatkan dan warga memanfaatkan sumber air milik tetangga.

“Semenjak air sumur mengeluarkan semburan, kami tidak lagi berani menggunakan air dari sumur untuk konsumsi sehari–hari, tapi kami pernah mencoba mencicipi air tersebut sama sebelumnya air terasa dingin dan rasanya tidak berubah,” ujarnya.

Terpisah Ketua BPD Desa Pangkalan Tarum, Mistar Lubis mengungkapkan selain mendapat perhatian masayarakat desa pihaknya juga sudah menyampaikan hal ini kepada pihak pemerintah kecamatan. Selain itu saat meninjau lokasi Banjir Bupati Musi Rawas. H Ridwan Mukti sekaligus meninjau lokasi sumur yang diduga mengeluarkan gas tersebut. Dalam kesempatan itu bupati meminta kepada warga untuk tidak panik dan akan menginstruksikan instansi terkait untuk melakukan penelitian.

Sementara Pengelola Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas), dari Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya, Ferry Putera, mengatakan awal pembuatan sumur tidak ada tanda atau gejala awal sumur akan mengeluarkan semburan sehingga kejadian ini juga mengejutkan pihaknya. (ME-06)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More