20 Februari 2010

Dua Rumah di Mulyo Harjo Hancur Diterjang Banjir

*Puluhan Rumah Terendam Hingga Atap
CECAR-
Setelah sekitar tahun 80-an Kertoya Desa Mulyo Harjo SP4 Kecamatan BTS Ulu (Cecar, red) dilanda banjir hebat, kini bencana tersebut terulang kembali. Sudah sekitar tiga hari Dusun Kertoya terendam dan puncaknya kemarin (19/2) dua rumah warga hancur akibat diterjang banjir akibat meluapnya air Sungai Musi.

Kejadian tersebut sontak membuat warga Kertoya panik karena ketinggian air hingga tadi malam terus meningkat bahkan arusnya sangat besar. Sementara banyak peraboran masih berada di dalam rumah yang mulai goyang dihantam arus air yang begitu deras

“Sampai malam ini (tadi malam, red) kami cemas, sebagian warga mengungsi ke belakang dusun tempat yang lebih tinggi. Ada yang terpaksa naik perahu sambil memantau air yang terus meninggi,” kata Sahir, warga Kertoya dihubungi Musirawas Ekspres via telepon tadi malam.

Diinformasikan Sahir, banjir di dusunnya itu sudah terjadi sejak tiga hari lalu. Dan kemarin kondisinya sudah sangat parah dimana sekitar 30 rumah warga atau hampir seluruh rumah d dusun itu terendam hingga atap.

“Air benar-benar tinggi, rumah tinggal kelihatan atap. Dua rumah sudah roboh akibat derasnya air,” kata Sahir seraya menambahkan tadi malam hujan masih mengguyur dusunnya tersebut.

Melihat dua rumah roboh warga menurut Sahir makin ketakutan. Makanya dengan berbagai upaya mereka memperkokoh rumah mereka agar tidak roboh diterjang air. Misalnya mengikat rumah ke pohon yang kuat dan terus mengawasinya karena sebagian besar perabot rumah mereka belum diselamatkan atau dievakuasi.
“Warga hanya bisa memantau, melihat rumah karena perabotan masih belum diangkut. Sementara anggota keluarga misalnya anak-anak dan perempuan sudah diungsikan,” katanya.

Dikatakan Sahir yang merupakan staf Humas Setda Mura itu, banjir sudah merata terjadi di desa dalam Kecamatan BTS Ulu. “Tapi di Dusun Kertoya ini paling parah karena wilayanya paling rendah dan berada persis di dekat Sungai Musi,” katanya. Sebenarnya banjir sudah biasa terjadi khususnya saat musim hujan namun tidak separah banjir kali ini. Menurutnya warga sudah melapor ke Camat BTS Ulu dan yang bersangkutan tadi malam berangkat menuju ke lokasi banjir. (ME-02)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More