19 Februari 2010

DTPPK Dukung Program PKK

*Terus Lakukan Penyuluhan Toga
LUBUKLINGGAU-
Dalam rangka mendukung Program Program pokok PKK kota Lubuklinggau Dinas Tanaman Pangan Pekebunan dan Kehutanan (DTPPK) kota Lubuklinggau terus melakukan penyuluhan kepada TP PKK kecamatan dan kelurahan diwilayah Kota Lubuklinggau.

Demikan diungkapkan Kepala DTPPK Kota Lubuklinggau Setia Budi kepada Musirawas Ekspres seusai memberikan penyuluhan toga di kecamatan Lubuklinggau Barat I Kamis (18/2)

Menurut Budi kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari pada program ketua TP PKK kota Lubuklinggau Septiana Ziraida Riduan yang telah di tuangkan didalam program pokok PKK yakni program pemantaan pekarangan, dan untuk mewujudkan program tersebut pihaknya terus melakukan penyuluhan kepada TP PKK Kecamatan diwilayah Kota Lubukinggau.

Sejak tiga hari ini setidaknya sudah enam kecamatan yang telah di berikan penyuluhan berkenaan dengan pemanfataan pekarangan ini, yakni Kecamatan Lubuklinggau Selatan I dan II, Kecamatan Lubuklinggau Timur I dan II kemudian kecamatan Lubuklinggau Barat I, dan II.

Dalam kegiatan penyuluhan tersebut pihak DTPPK yang langsung di komandoi oleh kepala DTTPPK Setia Budi meminta supaya di setiap kelurahan di buat RT percontohan dalam pemanfaatan pekarangan yakni dengan membuat Tabulakar dan Tabulapot.

Dan sebagai bentuk dukungan DTPPK kepada PKK tersebut utamanya pertanian sesuai dengan motto PKK 8 T, yang salah satunya adalah pokja III, yang dituangakan dalam bentuk moto tiada hari tanpa pemanfaatan pekarangan dan berbusana rapi, dari pokja III tersebut yakni mengenai pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga, jelasnya,.

Dalam program pokja III itu antara lain adalah bagaimana mewujudkan halaman asri teratur dan nyaman, sehingga dari DTPPK fokus kepada pemanftaan pekarangan .
Lebih jauh Budi mengharapkan bahwasanya di setiap kelurahan harus mempunyai kebun percontohan, kemudian di setiap kecamatan harus membuat taman toga yang dikoordinatori oleh ketua TP PKK kecamatan.

Dan di setiap taman toga tersebut diminta supaya dibuat kafe jamu, kafe tersebut nantinya bisa memberdayakan kelompok PKK ataupun masyarakat, dan hal itu bisa menambah penghasilan keuangan PKK dan bisa dimasukan dalam kas PKK, jelasnya.
Selain itu Budi mengatakan bahwa tanaman toga tersebut pihaknya akan membantu melalui dan APBD kota Lubukinggau 2010, yakni dengan mengalokasikan bibit, pupuk, obat, papan merek, dan khusus untuk bibit kami akan bantu 20 jenis tanaman per kecamatan diwilayah kota Lubuklinggau, pungkasnya. (CW_01)

0 komentar:

Top Reader

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More